You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas Kesehatan DKI Gelar Kegiatan Peringati Hari HIV-AIDS Sedunia di UNJ Hari ini.
.
photo Keren Margaret Vicer - Beritajakarta.id

Dinkes DKI Gelar Peringatan Hari AIDS se-Dunia di UNJ

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menggelar peringatan Hari AIDS se-Dunia yang jatuh pada 1 Desember lalu di Universitas Negeri (UNJ), Jl Rawamangun Muka, Rawamangun, Jakarta Timur.

Kita terus melakukan edukasi dan sosialisasi terkait bahaya HIV/AIDS

Pantauan beritajakarta, dalam kegiatan yang mengangkat tema "Saya Berani Saya Sehat" ini dibuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis, tes HIV/AIDS, konseling, dan talkshow.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk terus menekan jumlah penderita HIV/AIDS. Sebab, hingga saat ini penderita HIV/AIDS di Jakarta masih cukup tinggi.

Pemkab Kepulauan Seribu Tingkatkan Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS

"Penderita HIV/AIDS hingga November 2017 untuk usia 4 hingga 50 tahun di DKI berjumlah 50.802 kasus. Kita terus melakukan edukasi dan sosialisasi terkait bahaya HIV/AIDS," kata Koesmedi, Rabu (20/12).

Dijelaskannya, penularan HIV/AIDS dominan disebabkan oleh hubungan seks bebas. Selain itu, HIV/AIDS juga dapat ditularkan melalui penggunaan jarum suntik narkoba.

"Perilaku seks bebas tidak sesuai norma agama, harus dihindari. Apalagi sampai menggunakan narkoba, ini berbahaya," katanya.

Koesmedi meminta, masyarakat jangan takut atau malu untuk memeriksakan kondisi kesehatannya, termasuk kaitannya dengan HIV/AIDS. Pasalnya, pengobatan untuk menghambat virus HIV saat ini sudah cukup bagus.

"Kita punya 101 Fasyankes yang memberikan layanan pengobatan HIV/AIDS, baik di puskesmas, RSUD, rumah sakit vertikal, dan klinik swasta," ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta, Kristina menambahkan, penularan HIV/AIDS sangat rentan terjadi pada usia remaja. Untuk itu, sosialisasi perlu dilakukan di sekolah-sekolah maupun kampus.

"HIV/AIDS menjadi masalah kita bersama. Perlu sinergi antara masyarakat, lembaga sosial masyarakat, dan instansi pemerintah," tandasnya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan ini, stan kesehatan dari Puskesmas Gambir memberikan layanan pemeriksaan gratis tes HIV/AIDS dan Hepatitis C, Puskesmas Kebayoran Baru memberikan konseling kesehatan remaja, dan Puskesmas Tambora memberikan pemeriksaan gula, darah dan tensi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8532 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3614 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3394 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3334 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3323 personAldi Geri Lumban Tobing