You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI dan KemenPUPR Teken MoU Pembangunan Kawasan Pulau Seribu
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Pemprov DKI-Kementerian PUPR Sepakati Kerja Sama Pengembangan KSPN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI  menyepakati kerjasama terkait pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kepuluan Seribu dan sekitarnya.

Kami juga akan mengedukasi warga agar lebih peduli terhadap lingkungan

Kerja sama tersebut meliputi, penyelenggaraan dukungan infrastruktur pengembangan kawasan permukiman, serta penyehatan lingkungan permukiman.

Selain itu, Pemprov DKI dan Kementerian PUPR RI juga menyepakati kerja sama terkait sistem pengelolaan air limbah domestik (SPALD) skala permukiman yang akan direalisasikan di Asrama Dinas Lingkungan Hidup, Semper Barat, Jakarta Utara dan Waduk Cimangis, Cibubur, Jakarta Timur.

Pembangunan Infrastruktur di Kepulauan Seribu Diminta Segera Dituntaskan

Prosesi penandatangan kerja sama oleh para pejabat terkait tersebut berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta dan disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Anies mengatakan, pembangunan di Kepulauan Seribu bisa dipercepat dengan adanya sinergisitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan Pemprov DKI.

"Kita berharap, semakin banyak sektor-sektor pembangunan yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan pemerintah pusat," ujarnya, Jumat (28/9).

Anies menginginkan, selain di sektor pariwisata, pembangunan di Kepulauan Seribu juga menyentuh kebutuhan-kebutuhan dasar warga seperti, akses air bersih, pengelolaan limbah, serta sarana transportasi.

"Kebutuhan-kebutuhan itu perlu menjadi prioritas kita bersama ke depan," ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, Rina Agustin menuturkan, sudah seharusnya Pemprov DKI memiliki tempat-tempat pengelolaan air limbah domestik.

"Kalau air limbah tidak diolah, pasti akan menimbulkan masalah pada badan air. Untuk itu, kita ikut membantu Pemprov DKI dalam membangun sarana yang diperlukan," terangnya.

Rina menjelaskan, pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR RI bertekad terus membantu Pemprov DKI agar infrastruktur di Kepulauan Seribu betul-betul memadai pasca ditetapkan sebagai salah satu KSPN di Indonesia.

"Kita ingin semakin banyak wisatawan yang datang dan perekonomian warga semakin meningkat," ucapnya.

Ia menambahkan, di Kepulauan seribu pihaknya akan membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah dengan kapasitas 300 Kepala Keluarga (KK) di Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

"Tidak kalah penting, kami juga akan mengedukasi warga agar lebih peduli terhadap lingkungan," tandasnya.

Untuk diketahui, SPALD yang akan dibangun di Waduk Cimanggis akan menggunakan lahan seluas 950 meter persegi. Sedangkan, SPALD di Asrama Dinas Lingkungan Hidup, Semper Barat dibangun di lahan seluas 800 meter persegi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12405 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5154 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4296 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3956 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3946 personTiyo Surya Sakti