You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Anies Apresiasi Balkot Farm Dekatkan Milenial Dengan Budidaya Tanaman
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Anies Apresiasi Inisiatif Balkot Farm Sebagai Budi Daya Tanaman Perkotaan Berbasis Teknologi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi inisiatif Balkot Farm sebagai budi daya tanaman secara vertikal melalui sistem hidroponik yang memanfaatkan keterbatasan lahan di perkotaan.

Insya Allah dampaknya besar,

Balkot Farm merupakan hasil kolaborasi beberapa instansi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta seperti Diskominfotik, Dinas KPKP, Biro Umum, Dinas Kesehatan, dan juga PT Bank DKI.

"Alhamdulillah, kita bersyukur sekali. Sekarang ini, kita di Balai Kota punya kebun. Ukurannya tidak besar, tapi insya Allah dampaknya besar. Jakarta ini, kenyataannya, kawasannya sempit untuk kegiatan pertanian perkebunan. Tapi bukan berarti kegiatan pertanian dan perkebunan dihilangkan. Saya ingin memberikan apresiasi kepada inisiatif untuk membuat kawasan ini yang asalnya kosong, sekarang jadi kebun," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Jumat (2/8).

Mahasiswa dari Luar Negeri Pelajari Urban Farming di Jakarta

Anies mengimbau kepada masyarakat Jakarta agar memanfaatkan kawasan yang masih terbuka untuk kegiatan cocok tanam secara vertikal. Apalagi, tanaman yang dibudidayakan tidak hanya membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan segar, tetapi juga berpotensi sebagai pencegah penyakit melalui tanaman herbal maupun konsumsi sayur kaya protein untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

Balkot Farm juga akan menjadi percontohan dari budi daya tanaman perkotaan berbasis teknologi karena memuat papan informasi dengan QR Code khusus. QR Code tersebut nantinya akan terhubung dengan situs balkotfarm.jakarta.go.id yang menjelaskan jenis tanaman serta khasiatnya bagi kesehatan. Melalui pemanfaatan teknologi informasi digital tersebut,  Anies berharap urban farming lebih dekat ke generasi milenial di wilayah Jakarta.

"Kenapa QR Code ini penting? Salah satu masalah dari generasi baru yang lahir di daerah Urban. Dia tidak mengerti kegiatan farming (bercocok tanam). Anak-anak kita sudah jauh dari kebun, jauh dari lahan pertanian. Efeknya belum tentu mengenali jenis-jenis tanaman yang sehari-hari menjadi kebutuhan kita. Karena itu, adanya Urban Farming seperti Balkot Farm ini insya Allah mengenalkan anak-anak kita lebih dekat kepada alam. Lebih mengerti tentang apa yang menjadi konsumsinya. Insya Allah akan lebih siap untuk ikut merawat kelangsungan lingkungan hidup kita," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12168 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4910 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4022 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3714 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3698 personTiyo Surya Sakti