You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kadis KPKP Apresiasi Pengembangan Urban Farming di Malakasari
.
photo doc - Beritajakarta.id

Kadis KPKP Apresiasi Pengembangan Urban Farming di Malakasari

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengapresiasi peran warga dalam mengembangkan pertanian perkotaan atau urban farming di Kelurahan Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Saat ini di Malakasari jadi ada kebun anggur

Darjamuni mengatakan, pengembangan pertanian perkotaan di Malakasari salah satunya dilakukan oleh Yatno Gondrong dengan memanfaatkan lahan tidur untuk budi daya anggur.

"Kami merasa bangga dan menyampaikan terima kasih, Pak Yatno telah mampu membuat lahan tidak produktif menjadi lahan produktif. Selain menghijaukan lingkungan hasil budi daya itu juga sangat bernilai ekonomi," ujarnya, Senin (23/9).

Kelompok Tani Nusa Indah 011 Panen Sayuran Organik

Darjamuni menjelaskan, Yatno Gondrong yang juga berprofesi sebagai petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membudidayakan 60 jenis bibit anggur impor di lahan seluas sekitar 800 meter persegi.

"Saat ini di Malakasari jadi ada kebun anggur, ini bisa menjadi percontohan. Pak Yatno berhasil menjuarai Temu Karya Tingkat Provinsi DKI Jakarta belum lama ini. Petani binaan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur ini akan mewakili DKI Jakarta di ajang Temu Karya Tingkat Nasional yang akan digelar di Padang tahun depan," terangnya.

Sementara, Yatno Gondrong menuturkan, lahan yang digarapnya diberi nama Kebun Imut Si Nakal yang merupakan akronim dari Kebun Imut Sigap Niat dan Berakal.

"Saya melakukan inovasi dengan memanfaatkan madu sebagai Zat Perangsang Tanaman (ZPT) pada bibit anggur, serta pada hasil okulasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, baik pihak Sudin KPKP Jakarta Timur maupun kelurahan setempat sangat membantu dirinya untuk merealisasikan pertanian perkotaan dengan tanaman spesifik anggur.

"Saya mendapatkan bimbingan dan pelatihan-pelatihan, termasuk untuk penanggulangan hama. Sehingga, tanaman anggur di sini buahnya sangat bagus," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye6374 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4985 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4743 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4609 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4604 personAnita Karyati