You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wali Kota Jaksel dan TGUPP Tinjau Lokasi Penunjang Data Center Urban Farming 4.0
.
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Wali Kota Jaksel dan TGUPP Tinjau Lokasi Penunjang Data Center Urban Farming 4.0

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, bersama Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi DKI Jakarta, meninjau danau buatan yang berada di Kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Selatan yang akan digunakan sebagai penunjang data center untuk pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) 4.0 di Jaksel Farm.

Pemanfaatan danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan ini akan dijadika  pilot project pembangunan data center untuk cloud service data Urban Farming 4.0.,

Marullah mengatakan, rencananya danau buatan yang dikelola Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan ini akan dijadikan tempat untuk menyimpan mesin data center.

"Saya bersama teman-teman dari TGUPP DKI meninjau lokasi yang berpotensi dijadikan tempat penyimpanan mesin data center di dalam air. Kalau nanti data-datanya memadai dan hasil verifikasi lapangan juga bagus, mungkin kita (Jakarta Selatan) bisa jadi wilayah pertama di Jakarta yang menggunakan itu," ujar Marullah, Kamis (3/10).

10 Kilogram Sayuran Dipanen dari Jaksel Farm

Menurut Marullah, danau buatan ini memiliki potensi untuk menyimpan mesin data center karena pasokan airnya permanen. Walau sedang puncak musim panas seperti saat ini, pasokan airnya tetap ada.

Idhan, dari TGUPP Provinsi DKI Jakarta Bidang Respons Strategis menambahkan, pemanfaatan air danau sebagai penunjang data center untuk pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) 4.0 di Jaksel Farm sejalan dengan program penghematan energi dan kreativitas pengurangan konsumsi listrik yang diusung Gubernur Anies Baswedan.

"Pemanfaatan danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan ini akan dijadikan pilot project pembangunan data center untuk cloud service data Urban Farming 4.0. Fungsi air danau dalam hal ini adalah untuk penghematan energi listrik, sebagai pendingin server yang akan dimasukkan ke dalam danau," ujar Idhan.

Setelah melakukan survei hari ini, lanjut Idhan, pihaknya dalam waktu tiga hingga enam bulan ke depan akan mengkaji lagi dan melakukan studi kelayakan.

"Ini salah satu terobosan yang perlu kita dukung. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan dan menjadi salah satu terobosan untuk masyarakat Jakarta," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5758 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4676 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4430 personNurito
  4. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4296 personAnita Karyati
  5. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4288 personTiyo Surya Sakti