You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Formapel Kecamatan Menteng Kembangkan Budi Daya Ulat Maggot
.
photo Agung Supriyanto - Beritajakarta.id

Formapel Kecamatan Menteng Bakal Kembangkan Budi Daya Ulat Maggot

Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, akan mengembangkan budi daya ulat maggot di Jalan Gondangdia Kecil, RW 05, Kelurahan Cikini.

Kami akan menggunakan sembilan boks,

Ketua Formapel Kecamatan Menteng, Hendra Kurnia mengatakan, budi daya ulat maggot ini dilakukan sebagai bentuk penanganan sampah sejak dini di wilayah RW 05, Kelurahan Cikini.

"Sampah organik di sini nantinya bisa diurai langsung oleh ulat maggot. Jadi tidak perlu sampai diangkut menuju TPST Bantar Gebang," ujarnya, Rabu (20/11).

Poktan Daun Hijau Kembangkan Budi Daya Ulat Maggot

Hendra menjelaskan, saat ini persiapan rumah budi daya ulat maggot yang dibangun seluas 50 meterpersegi sudah selesai dikerjakan.

"Kami akan menggunakan sembilan boks berukuran lebar 80 sentimeter dan panjang tiga meter sebagai sarana budi daya ulat maggot," terangnya.

Menurutnya, dalam satu boks bisa menghasilkan sekitar 30 kilogram ulat maggot. Diperekirakan dengan adanya sembilan boks tersebut bisa menghabiskan atau mereduksi sampah organik sebanyak 600 kilogram per hari.

"Targetnya, budi daya sudah bisa dimulai awal Desember 2019. Kami perlu memberikan pelatihan terlabih dahulu bagi warga," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup (Kasatpel LH) Kecamatan Menteng, Sutadi menuturkan, pihaknya sangat mendukung inisiatif budi daya ulat maggot untuk menangani sejak dini sampah organik.

"Ini merupakan kegiatan masyarakat yang positif, kita sangat mendukung. Terlebih, budi daya ini dilakukan dalam skala besar," ucapnya.

Ia menambahkan, Satpel LH Kecamatan Menteng siap untuk menyukseskan budi daya ulat maggot tersebut. Tidak hanya, dari sisi pelatihan dan pendampingan tapi juga pemasaran ulat maggot.

"Kita ingin ini bisa multiplier effect, selain bisa mengurangi volume sampah juga bisa meningkatkan perekonomian warga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9201 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7977 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6783 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6515 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6486 personAldi Geri Lumban Tobing