You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Kukuhkan FKK DKI 2019-2022, Gubernur Anies Berharap Jakarta Jadi Kota Bebas Ancaman Kebakaran
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Kukuhkan FKK DKI 2019-2022, Gubernur Anies Berharap Jakarta Jadi Kota Bebas Ancaman Kebakaran

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Kebakaran (FKK) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Periode Tahun 2019-2022, di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (23/01) pagi. Sembilan orang pengurus FKK ini dikukuhkan berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1710 Tahun 2019.

Alhamdulillah kita bersyukur hari ini menyaksikan anggota Forum Komunikasi Kebakaran dikukuhkan,

Gubernur Anies menyampaikan, dalam penanggulangan peristiwa kebakaran, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta membutuhkan peran serta masyarakat, partisipasi publik, dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menekan dan menanggulangi kebakaran yang terjadi di Jakarta. Untuk itu, Gubenur Anies berharap agar permasalahan pencegahan dan penanggulangan kebakaran menjadi sebuah gerakan yang masif di Jakarta. Sehingga, Jakarta bisa menjadi kota yang terbebas dari ancaman kebakaran.

Kebakaran Sebuah Rumah di Kalisari Berhasil Dipadamkan

"Alhamdulillah kita bersyukur hari ini menyaksikan anggota Forum Komunikasi Kebakaran dikukuhkan. Di tahun 2019, kami menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 65 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran. Kita menyadari, pencegahan kebakaran tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, tapi harus dilakukan bersama masyarakat. Jadi, pendekatan dengan gerakan, untuk urusan kebakaran ini harus jadi gerakan dan menjadi fokus. Saya berharap tahun ini kita jadikan Jakarta kota yang terbebas dari ancaman kebakaran, itu komitmen kita semua," ungkap Gubernur Anies seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, kasus kebakaran di Jakarta banyak terjadi di daerah pemukiman padat penduduk dengan penyebab utamanya diduga dari hubungan pendek arus listrik. Selain itu, kebakaran juga terjadi pada gedung-gedung perkantoran akibat masih adanya pengelola gedung yang belum melengkapi bangunannya dengan sarana sistem proteksi kebakaran.

Oleh karena itu, Gubernur Anies berharap para pengurus FKK 2019-2022 yang memiliki pengetahuan, dan pengalaman dalam penanggulangan kebakaran ini dapat memberikan masukan, pandangan dan solusi untuk menekan dan mengendalikan peristiwa kebakaran di Jakarta. "Harapan kami dengan adanya pengurus baru di FKK, nantinya akan bisa muncul langkah-langkat amat praktis memanggil warga untuk mau terlibat. Selamat bertugas, semoga dimudahkan dalam menjalankan amanat ini. InsyaAllah Jakarta benar-benar terbebas dari ancaman kebakaran," ucapnya.

Perlu diketahui, pembentukan Organisasi Forum Komunikasi Kebakaran sepenuhnya dilakukan atas inisiatif masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah, terdiri dari para tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, praktisi, hingga pengusaha yang secara sukarela ingin menyumbangkan kemampuannya guna ikut akif mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran.

Berikut ini susunan Kepengurusan Forum Komunikasi Kebakaran tingkat Provinsi DKI Jakarta periode tahun 2019-2022:

1. Ketua : Ir. Yuliandi M.Sc (Universitas Indonesia)

2. Wakil Ketua : Prof. Ir. Yulianto S. Nugroho Ph.D (Guru Besar UI)

3. Sekretaris : Ir. Unggul Wahyudono, (Lembaga Sertifikasi Propesi Pemadam Kebakaran)

4. Anggota : Tulus Abadi, SH (Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia)

5. Anggota : Ekie Keristiawan SH (Penasehat Masyarakat Profesi Proteksi Kebakaran  Indonesia)

6. Anggota : Haryono Budi Utomo, SE (Ketua Artha Graha Peduli)

7. Anggota : Sri Enggarwati SE, MBA (Ketua Asosiasi Lembaga Perusahaan K3)

8. Anggota : Placidus S Petrus, MBA, PMSFPE (Ketua Indonesian Fire Rescue Foundation)

9. Anggota : Wendy Haryanto (Ketua Jakarta Property Institute)

Adapun maksud dan tujuan pembentukan Kepengurusan FKK DKI Jakarta periode 2019-2022 sebagai berikut:

1. Forum Komunikasi Kebakaran memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, gagasan, konsep terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Ibu Kota Jakarta;

2. Sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran, sehingga terwujudnya hubungan yang sinergi antara masyarakat dan Pemda dalam pemecahan permasalahan kebakaran di Ibu Kota Jakarta.

 

Sedangkan, Tugas FKK tingkat Provinsi DKI Jakarta adalah:

1. Membahas permasalahan pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang timbul di masyarakat pada tingkat Provinsi;

2. Menyampaikan rekomendasi pemecahan masalah terkait dengan kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada Gubernur;

3. Turut berperan aktif mensosialisasikan kebijakan Pemerintah Daerah dalam bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada tingkat Provinsi;

4. Menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data-data informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman bahaya kebakaran dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Provinsi DKI Jakarta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9133 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7919 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6722 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6454 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6420 personAldi Geri Lumban Tobing