You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Karang Taruna di Jaksel Diberi Pelatihan Barista
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Karang Taruna di Jaksel Diberi Pelatihan Barista

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memberikan pelatihan barista bagi 10 anggota Karang Taruna di Jakarta Selatan. Pelatihan berlangsung di Pasar Santa, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru.

T eori dan praktik

Dalam pelatihan itu mereka diberikan materi seperti, pengetahuan tentang kopi, metode pembuatan kopi espresso, metode manual brewing, pengenalan alat seduh kopi, dan jenis kopi.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan bekal kepada masyarakat yang ingin memulai usaha kopi, khususnya kaum milenial.

Tempat Sampah Pilah Diperbanyak di Kantor Dinas KPKP

"Kami berkolaborasi dengan pemilik salah satu toko di Pasar Santa untuk memberikan pembekalan tentang meracik dan usaha kopi. Materi pelatihan ini ada teori dan praktik dengan instruktur-instruktur barista yang punya kompetensi dan bersertifikat," ujarnya, Kamis (13/2).

Darjamuni menjelaskan, minuman kopi saat ini semakin banyak diminati masyarakat dari anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan, telah menjadi gaya hidup terutama bagi generasi milenial mulai dari pedesaan hingga perkotaan.

"Bisnis kopi semakin tumbuh dan berkembang, baik dari kelas pinggiran maupun restoran ternama. Sangat menjanjikan," terangnya.

Menurutnya, sebelum memulai bisnis kopi, perlu diketahui hal-hal yang menjadi kunci keberhasilan usaha kopi. Permasalahan yang sering dihadapi para pemula bisnis kopi adalah kurangnya pengetahuan tentang kualitas kopi dan kemampuan meracik kopi sesuai dengan selera konsumen.

"Anggota karang taruna yang mengikuti pelatihan ini masih bisa belajar di sini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati menambahkan, pelatihan akan dilaksanakan dua kali dalam sebulan dengan sasaran generasi muda atau milenial.

"Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengajukan ke pendamping Jakpreneur Dinas KPKP di tiap-tiap kecamatan," ucapnya.

Anggota Karang Taruna dari Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggarahan, Dimas Dwi Putra menyambut baik adanya pelatihan barista dan pengenalan kopi yang diberikan kepada milenial.

"Ini dapat menambah wawasan bagi yang ungin membuka usaha kopi dan berprofesi sebagai barista," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12078 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4816 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3908 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3618 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3585 personTiyo Surya Sakti