You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
8.935 Warga Gunakan Aplikasi Layanan Kependudukan Alpukat Betawi
.
photo doc - Beritajakarta.id

8.935 Warga Gunakan Aplikasi Layanan Kependudukan Alpukat Betawi

Sebanyak 8.935 warga Jakarta terdaftar sebagai pengguna aktif aplikasi Alpukat Betawi yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta.

Banyak memberikan kemudahan,

Alpukat Betawi adalah akronim dari Akses Langsung Pelayanan Dokumen Cepat dan Akurat, sebuah inovasi pelayanan yang dibuat untuk melakukan pelayanan pendaftaran kependudukan secara online

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma mengatakan, Alpukat Betawi menjadi kanal pelayanan yang memberikan akses langsung kepada penduduk, khususnya warga Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasi Kependudukannya.

Dinas Dukcapil Cetak 1.364 Dokumen Adminduk Pengganti Warga Terdampak Banjir

"Melalui aplikasi ini penduduk dapat mengajukan permohonan, penjadwalan, dan memonitor progres penyelesaian. Banyak memberikan kemudahan, lebih efektif dan efisien," ujarnya, Selasa (18/2).

Dhany menjelaskan, selain mengajukan layanan, warga yang telah mendaftar melalui aplikasi ini dapat berinteraksi dengan petugas layanan, dan mengakses informasi untuk pemutakhiran data.

"Warga DKI Jakarta bisa langsung mengunduh aplikasi Alpukat Betawi di Play Store Android. Setelah mengunduh, lakukan segera registrasi pada aplikasi itu. Kemudian, setelah ada konfirmasi pendaftaran melalui sms silahkan langsung login," terangnya.

Menurutnya, layanan yang terdapat pada aplikasi Alpukat Betawi adalah Pelayanan pencetakan KTP elektronik, pencetakan Kartu Keluarga, dan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Selain itu, ada pelayanan perubahan elemen data antara lain status perkawinan, status pekerjaan, tingkat pendidikan, input data kelahiran, golongan darah, dan agama.

"Alpukat Betawi juga memuat layanan arsip dokumen administrasi kependudukan mencakup duplikat dan legalisir akta perkawinan, kelahiran, dan kematian," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4105 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3437 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3288 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3268 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3234 personAnita Karyati