You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Pembangunan Sodetan Pondok Ranggon Capai 70 Persen
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pembangunan Sodetan Pondok Ranggon Capai 70 Persen

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur terus mengebut pengerjaan sodetan Pondok Ranggon, dari Kali Sunter ke Waduk Pondok Ranggon I sepanjang 15 meter dengan lebar tigameter dan kedalaman empat meter. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 70 persen.

Dengan sodetan ini, air dari Kali Sunter dialihkan dan diparkir di Waduk Pondok Ranggon I, sehingga bisa meminimalisir genangan,

Kepala Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Santo mengatakan, pembangunan sodetan Pondok Ranggon untuk mengatasi genangan di sejumlah lokasi yang dilintasi Kali Sunter. Seperti di wilayah Cipayung, Lubang Buaya, Pinang Ranti, Makasar, Halim Perdanakusuma, Kebon Pala, Cipinang Melayu, dan Pondok Bambu.

"Dengan sodetan ini, air dari Kali Sunter dialihkan dan diparkir di Waduk Pondok Ranggon I, sehingga bisa meminimalisir genangan di sejumlah lokasi yang dilintasi Kali Sunter di Jakarta Timur," ujar Santo (2/3).

Dua Sodetan di Cilincing Mulai Dibangun

Pembangunan sodetan dilakukan akhir Februari lalu dan ditargetkan hari ini aliran sudah tembus ke Waduk Pondok Ranggon I. Kondisi sodetan dibiarkan alami tanpa pemasangan u ditch maupun cor beton karena saat ini pembangunan Waduk Pondok Ranggon I juga belum rampung pembangunannya.

Ditambahkan Santo, meski belum sepenuhnya rampung, kondisi Waduk Pondok Ranggon I sudah terbentuk dengan kedalaman mencapai tujuh meter. Waduk saat ini sudah bisa menampung debit air sekitar 210 ribu meter kubik.

"Jika pembuatan sodetan ini rampung, akan dilanjutkan dengan pembuatan sodetan tahap kedua yang terkoneksi ke Waduk Pondok Ranggon II," tandas Santo.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8454 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3535 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3319 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3259 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3249 personAldi Geri Lumban Tobing