You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kisah Dokter Spesilais Paru yang Tangani Pasien Covid-19
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Cerita Tenaga Medis, Berjibaku Tangani Pasien COVID-19 hingga Lawan Kecemasan

Sejak kemunculan kasus Coronavirus Disease (COVID-19) di beberapa negara termasuk Indonesia, profesi tenaga medis menjadi garda terdepan untuk melakukan penanganan. Harapan besar disematkan di pundaknya agar virus yang kali pertama ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok itu bisa segera diatasi.

Harus diakui penanganan pasien COVID-19 ini lebih melelahkan. Terlebih perasaan takut akan tertular juga pasti ada,

Cepatnya penularan dan penyebaran COVID-19 juga menjadi persoalan tersendiri bagi para tenaga medis. Karenanya penanganan yang dilakukan pun harus ekstra karena jika tidak dapat mengancam keselamatan jiwa dirinya, keluarga maupun rekan seprofesi.

Adalah Andika Chandra Putra (43), salah seorang dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur yang kini kesehariannya ikut berjibaku menangani pasien COVID-19.

Komisi B Minta Pemprov Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadan

"Selama menangani pasien COVID-19 kita harus lebih ekstra, mandi dan ganti baju saja sehari bisa sampai lima kali. Ini untuk keamanan diri, keluarga dan orang di sekeliling kita," ujar Andika, kepada Beritajakarta.id, Jumat (17/4).

Ayah tiga anak ini melanjutkan, ia bersama rekannya bahkan sempat tidak pulang ke rumah selama dua minggu karena harus menangani puluhan ABK Kapal Pesiar Diamond Princess yang sempat di karantina di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu. Alhasil, rasa rindu ingin bertemu keluarga pun harus disimpan dulu demi tugas tersebut.

"Harus diakui penanganan pasien COVID-19 ini lebih melelahkan. Terlebih perasaan takut akan tertular juga pasti ada. Namun coba kita sikapi dengan tenang sambil bermunajat pada Allah SWT, agar semuanya berjalan dengan baik," ucap lelaki jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Dia mengaku, setiap hari setidaknya menangani hingga 100 pasien COVID-19 di RSUP Persahabatan. Kebutuhan akan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis pun harus tercukupi. Dan ia sangat bersyukur saat ini untuk APD di RSUP Persahabatan telah tercukupi. Meski begitu, ia bersama rekan seporefesinya berharap pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir.

Pria kelahiran Sumatera Barat ini juga juga berpesan kepada masyarakat agar mematuhi imbauan yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka penanganan COVID-19. Sebab, hal ini untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar.

"Coronavirus ini virus yang tidak terlihat secara kasat mata namun dapat menular ke siapa saja dan mematikan. Karenanya semua pihak diharapkan bisa bekerja sama untuk menghentikan pandemi COVID-19," kata Andika yang mengawali tugasnya sebagai dokter pada tahun 2003 di RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat.

Yang paling penting lagi, sambung Andika, masyarakat juga diminta tidak menganggap enteng penyebaran virus ini.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. HUT ke-63, Bank DKI Berkomitmen Tumbuh Bersama Kota Jakarta

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5959 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. TMII Hadirkan Festival Pulang Kampung di Libur Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5236 personNurito
  3. Sejumlah Wilayah di Jakarta Diguyur Hujan

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5181 personAnita Karyati
  4. Monas Dikunjungi 78 Ribu Wisatawan pada Hari Kedua Lebaran

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5067 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 12.056 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

    access_time12-04-2024 remove_red_eye5035 personAnita Karyati