You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jakpro Raih Penghargaan Utama pada IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

PT Jakpro Raih Penghargaan Utama IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020

Prestasi gemilang kembali ditorehkan PT Jakarta Propertindo (Jakpro Perseroda) yang berhasil menyabet penghargaan utama IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) untuk kategori proses internal atas inovasi teknologi digital building information modelling (BIM).

Jakpro menjadi pioner yang mengaplikasikan tekonologi building information modelling untuk O&M proyek,

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, ICAII merupakan ajang penghargaan bergengsi tahunan di dunia bisnis Indonesia. Diselenggarakan oleh The Indonesia Stock Exchange Channel yang merupakan saluran televisi resmi pasar modal Indonesia, dengan target peserta BUMN, BUMD, swasta, maupun listed company  yang sukses dalam mengimplementasikan dalam bisnisnya.

"Melewati dua bulan proses seleksi dan penjurian yang ketat, teknologi BIM Jakpro bersaing dengan lebih dari 50 inovasi lainnya. Audiensi virtual bersama dewan juri berlangsung pada tanggal 12 Agustus 2020 via Zoom Meeting," ujar Dwi Wahyu, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/9).

Pengecoran Penutup Fondasi untuk Tiang Utama JIS Rampung

PT Jakpro mengutus perwakilan Direktur Pengembangan Bisnis Moh Hanief Arie Setianto dan tim Project Management Office (PMO).

Juri yang berasal dari kalangan profesional pun dengan penuh antusias melontarkan pertanyaan dalam sesi tanya jawab yang berlangsung kurang lebih selama 40 menit. Saat itu juri kehormatan terdriri dari Ilham Akbar Habibie (The Habibie Center), beserta dewan juri lainnya, yaitu Wahyu T Setyobudi (Peneliti Strategi Transformasi dan Inovasi), Agus W Soehadi (Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Prasetiya Mulya) dan Bari Arijono (Pakar Ekonomi Digital), serta Apreyvita Dyah Wulansari (COO IDX Channel).

Dikatakan Dwi, Teknologi ini pada dasarnya adalah teknologi berbasis model 3D yang mampu menciptakan kolaborasi nilai-nilai dalam siklus proyek konstruksi melalui pengumpulan dan pengelolaan informasi secara digital yang bertujuan memudahkan akses informasi dan mengefektifkan durasi kolaborasi di antara para stakeholder proyek.

Adapun dampak signifikan teknologi BIM kepada progres pembangunan proyek yaitu, pertama,mampu mengurangi pengeluaraan biaya dengan memaksimalkan perhitungan penggunaan material sehingga tidak terbuang sia-sia. Pasalnya lewat BIM, stakeholder bisa mengetahui potensi-potensi kerugian akibat kesalahan secara dini melalui Clash Detection Report.

Kedua, menjadi Single Source Information (Sumber Informasi Tunggal) bagi operasional dan maintenance (O&M) proyek, baik ketika proyek masih berjalan maupun selesai. Seluruh data tahapan proyek terarsip rapi secara digital, tidak tercecer sehingga menjadi satu kesatuan sumber informasi yang utuh ke dalam sistem cloud yang bernama Common Data Environment (CDE). Melalui CDE, single source informationyang lengkap juga dapat digunakan sebagaibahan pembelajaran akademik bagi mahasiswa nantinya.

Ketiga, ramah lingkungan karena data-data proyek yang selama ini dikerjakan manual dan paper based mulai dikerjakan secara digital dan cloud based sehingga menciptakan budaya kerja yang paperless dan digital oriented (beorientasi digital).

"BIM sudah digunakan di berbagai negara, namun di skala BUMD di Indonesia, Jakpro menjadi pioner yang mengaplikasikan tekonologi BIM untuk O&M proyek. Stadion kita, Jakarta International Stadium (JIS) menjadi proyek pertama yang mengimplementasikan inovasi BIM diikuti oleh proyek Revitalisasi Taman Ismail Marzuki dan akan datang   Fase II," tandasnya.

Penyertaan teknologi BIM dalam ajang ini merupakan bentuk keseriusan Jakpro untuk menyuguhkan inovasi terbaiknya dalam aspek pembangunan wajah baru kota Jakarta. Hal ini sekaligus menjadi penyemangat bagi perusahaan dalam memberikan komitmennya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12348 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5096 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4230 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3897 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3885 personTiyo Surya Sakti