You don't have javascript enabled. Good luck with that.
 Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Dokter Nasional, Disdik DKI Gelar Lomba Desain Poster Hingga Tikto

Disdik DKI Gelar Lomba Desain Poster dan Video Kreatif Pelajar


Reporter: Adriana Megawati
Editor: Rio Sandiputra

19 Oktober 2020 14:43 WIB | Dibaca 4851 X

Dalam rangka menyambut Hari Dokter Nasional dan Hari Sumpah Pemuda, Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengadakan lomba desain poster dan video inspirasi dengan tema 'Bersatu Bangkit Untuk Jakarta Sehat'.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, Hari Dokter Nasional jatuh pada tanggal 24 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober.

"Lomba ini dapat diikuti seluruh siswa siswi di DKI Jakarta. Untuk lomba desain poster, khusus untuk siswa siswi kita yang SMP sederajat. Sedangkan lomba video inspiratif, kategorinya untuk pelajar SMA atau SMK sederajat," kata Nahdiana saat dikonfirmasi, Senin (19/10).

Ia melanjutkan, lomba desain poster sendiri dapat dilaksanakan di rumah masing-masing dengan cara manual menggunakan kertas gambar A3. Format poster dapat secara vertikal atau horizontal dengan ukuran 29,7 x 42 sentimeter, kemudian hasil karya dapat dipotret dengan resolusi 100 dpi. Setelah hasil difoto, peserta dapat mengaplodnya di https://tinyurl.com/lombaposterdisdikdki.

Sedangkan untuk lomba video inspiratif, karyaseni haruslah orisinil dari peserta perorangan atau kelompok. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya dengan menyertakan biodata diri dan kartu pelajar. Durasi video maksimal tiga menit dan tidak menggandung unsur SARA, unsur pornografi hingga menentang undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Peserta diwajibkan mengupload file yang berisi sinopsis video pendek, foto behind the scene, biodata serta scan kartu pelajar. Bahasa yang digunakan ialah bahasa Indonesia, apabila menggunakan bahasa asing atau daerah, wajib menggunakan subtitle.

"Karya video yang telah jadi dapat dikirim ke link https://s.id/uploadkaryaVideoInspirasiDisdik_HDN-HSP. Para juri nanti akan memilih lima karya terbaik sebagai juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2," tegasnya.

Batas waktu pendaftaran dan pengiriman desain poster ini pada 19-22 Oktober 2020 dan penjurian akan dilakukan pada 23 Oktober 2020. Sedangkan untuk lomba video inspiratif, pengiriman paling lambat pada tanggal 25 Oktober 2020.

Selain lomba desain poster dan video inspiratif, pihaknya juga membuka lomba tiktok tingkat SD dan PKLK dengan tema 'Peduli Tenaga Medis'. Peserta lomba sendiri ialah pelajar tingkat SD sederajat dengan durasi video tiktok maksimal tiga menit. Format rekaman tidak harus memakai aplikasi, setiap peserta cukup mengirim satu video.

"Peserta nanti dapat mencantumkan nama, sekolah dan kelas. Video paling lambat dikirmkan pada tanggal 24 Oktober 2020 dikirim ke Instagram bidang SD dan PKLK @sdpklkdki. Pemenang nanti akan diumumkan di Instagram @disdikdki pada tanggal 28 Oktober 2020," tandasnya.