You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
minat baca
....
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Perayaan Baca Jakarta 2022, Upaya Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda

Baca Jakarta, sebuah upaya meningkatkan minat baca generasi muda di Ibu Kota. Bergerak sejak 2019, partisipasi masyarakat dalam tantangan membaca 30 hari bersama keluarga di rumah jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh peserta

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem membaca berkelanjutan yang terbangun melalui sebuah kebiasaan.

Sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat atas keikutsertaannya dalam gerakan membaca ini, Perayaan Baca Jakarta 2022 digelar oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (30/9).

Tumbuhkan Kegemaran Membaca, Dispusip DKI Kembali Hadirkan Baca Jakarta Triwulan Ketiga

Dalam perayaan ini, diselenggarakan pula Konser Baca yaitu sebuah perayaan Baca Jakarta berupa pembacaan cerita oleh para pegiat literasi sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh peserta anak yang telah mengikuti Tantangan Baca Jakarta.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali menyampaikan bahwa membaca dapat membantu untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, menambah ilmu, meningkatkan keterampilan bahasa dan kemampuan berpikir.

Tentunya, membaca menjadi lebih seru dengan diselenggarakannya Tantangan Baca Jakarta, yang bertujuan untuk meningkatkan budaya gemar membaca di masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh peserta, baik anak-anak dan keluarga, sebagai pendamping yang telah berpartisipasi dalam Tantangan Baca Jakarta Tahun 2022. Membaca dapat menjadi satu kegiatan alternatif bermanfaat dan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Orang tua mendampingi anak dalam berliterasi, baik membaca maupun menuliskan serta mengekspresikan apa yang mereka baca dari buku yang mereka sukai," ungkapnya seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Jumat (30/9).

Lebih lanjut, Sekda Marullah menambahkan, kegiatan membaca menjadi makin seru dengan diselenggarakannya Perayaan Baca Jakarta 2022 yang diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca. Sebab, membaca buku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.

"Saya berharap kegiatan membaca ini tidak berhenti dengan berakhirnya Perayaan Baca Jakarta 2022, namun tetap dapat dilanjutkan bersama keluarga. Sehingga, membaca dapat menjadi budaya yang melekat di masyarakat," terangnya.

Untuk diketahui, Baca Jakarta tahun 2019 dilaksanakan di 143 titik ruang baca, serta diikuti oleh 3.551 peserta anak dan 928 relawan. Tahun 2020, Baca Jakarta tidak dapat dilaksanakan karena terjadinya pandemi COVID-19.

Tahun 2021, sebagai adaptasi akibat Pandemi COVID-19, Baca Jakarta dilaksanakan secara daring melalui website. Seluruh masyarakat dapat mengikuti tantangan membaca dari rumah masing-masing sebagai peserta anak maupun pendamping.

Pada pelaksanaannya, terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam mengikuti tantangan Baca Jakarta pada tahun 2021.

Jumlah peserta mencapai 30.058 orang, terdiri dari 15.022 peserta anak dan 14.310 pendamping yang berasal dari Jakarta, serta 377 peserta anak dan 349 pendamping yang berasal dari luar Jakarta.

Tahun 2022, pascapandemi COVID-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan inovasi dengan menyelenggarakan Tantangan Baca Jakarta sepanjang tahun.

Ini adalah sebuah upaya untuk menyediakan kegiatan literasi berkelanjutan agar semangat masyarakat dalam membudayakan gemar membaca dapat terus menyala.

Pada tahun ini, telah dilaksanakan Baca Jakarta pada triwulan satu, dua, dan tiga. Partisipasi masyarakat pun semakin meningkat yaitu 71.719 peserta pada triwulan satu, 72.105 peserta pada triwulan dua, dan 117.219 peserta pada triwulan III.

Selanjutnya, juga akan kembali dilaksanakan Baca Jakarta triwulan empat pada bulan Oktober mendatang. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan apresiasi untuk seluruh peserta Baca Jakarta yaitu berupa e-sertifikat bagi peserta anak dan pendamping.

Bagi peserta anak terpilih yang berhasil menyelesaikan tantangan membaca selama 30 hari penuh, juga disediakan goodiebag.

Selain itu, para peserta terpilih juga akan memperoleh tiket masuk Ancol serta Ocean Dream Samudera persembahan PT Bank DKI dan PT Pembangunan Jaya Ancol.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 30 Anak Penyintas Gempa Cianjur Ikut Layanan Dukungan Psikososial

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1841 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. PAM Jaya Kirim Bantuan ke Cianjur

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1778 personYudha Peta Ogara
  3. HUT ke-51 KORPRI, Sekda Minta ASN DKI Terus Beri Layanan Terbaik

    access_time24-11-2022 remove_red_eye1758 personTP Moan Simanjuntak
  4. Lurah-Camat di Jaksel Diminta Aktifkan Posko Siaga Bencana

    access_time23-11-2022 remove_red_eye1753 personTP Moan Simanjuntak
  5. Kelompok Budi Daya Rumput Laut Pulau Panggang Terima Paket Bantuan

    access_time23-11-2022 remove_red_eye1708 personBudhi Firmansyah Surapati