You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Tim Gabungan Jakpus Temukan Pangan Berbahaya di Pasar Senen

Sekko Jakpus Pimpin Pengawasan Produk Pangan di Pasar Senen


Reporter: Folmer
Editor: Budhy Tristanto

4 Mei 2021 17:35 WIB | Dibaca 617 X

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin, memimpin kegiatan pengawasan  bahan pangan dan stabilitas harga di Pasar Senen Blok III, Selasa (4/5).

Iqbal mengatakan, kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan bahan pangan menghadapi Idul Fitri serta memenuhi standar kesehatan pada produk pangan.

Dari hasil pengawasan ini, Iqbal memastikan stok pangan di Jakarta Pusat menjelang Idul Fitri aman. Namun, ada sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan di antaranya daging sapi naik sekitar Rp 10 ribu dari Rp 120 ribu menjadi Rp 130 ribu per kilogram.

"Harga cabai dan bawang juga mengalami kenaikan berkisar Rp 5000 per kilogram. Namun, kondisi pangan mencukupi di pasaran untuk pemenuhan kebutuhan warga," ungkapnya.

Diakui Iqbal, dari monitoring yang dilakukan pihaknya masih menemukan pedagang di Pasar Senen yang menjual produk pangan mengandung formalin, boraks dan zat pewarna.

"Semua bahan pangan yang mengandung zat berbahaya disita dan lapak pedang ditutup," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga meminta instansi terkait menelusuri pangan yang mengandung zat berbahaya.  

"Penemuan ini jangan sampai pedagang saja, tapi harus diusut hingga pemasok. Mereka akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Sementara Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti menjelaskan, pihaknya bersama BPOM melakukan pengecekan ketersediaan pangan dan harga di pasar tradisional.

"Kami menemukan tahu mengandung zat pewarna dan formalin serta keripik pisang mengandung boraks. Pedagang yang menjual sudah dibuatnya BAP," jelasnya.