You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Memiliki Rumah Layak Huni, Bukan Lagi Mimpi
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Memiliki Rumah Layak Huni, Bukan Lagi Mimpi

Di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, Pemprov DKI Jakarta telah membuktikan bahwa melalui program rumah DP 0 Rupiah atau Solusi Rumah Warga (Samawa), mimpi banyak warga Jakarta untuk memiliki sendiri rumah layak huni adalah suatu kenyataan.  

Punya rumah sendiri adalah impian kami

Hasanudin adalah salah satu warga ibu kota yang merasakan kebahagian, ketika mimpinya memiliki rumah menjadi nyata. Pria berusia 36 tahun yang bekerja di salah satu perusahaan ini, sekarang tidak lagi harus berpindah rumah kontrakan setelah menempati unit tipe 21 berkapasitas satu kamar di Rusun Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Punya rumah sendiri adalah impian kami," ucap bapak satu anak ini.

Dua Tahun Kepemimpinan Anies, Rumah DP 0 Rupiah Disambut Antusias dan Mulai Dihuni Warga

Awalnya, tutur Hasanudin, dirinya merasa pesimis bisa memiliki rumah di Jakarta. Karena, harga dan uang mukanya sangat sulit terjangkau. Asanya, kembali muncul setelah mengetahui Pemprov DKI meluncurkan program Samawa ini. Bersama istrinya, Nurlela, dia mendaftar ikut program Samawa di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Februari 2019.

Setelah mengikuti proses panjang selama enam bulan, akhirnya pada 31 Agustus 2018, Hasanudin resmi menerima kunci untuk menempati unit tipe 21 berukuran sekitar 23,95 meter persegi dengan satu kamar tidur.  

"Ini yang saya harapkan selama ini, bisa menyicil rumah tanpa DP. Ini merupakan solusi bagi kami," ucapnya.

Dia merasa bersyukur bisa lolos seleksi dan mendapatkan unit di Rusun Klapa Village ini, mengingat banyaknya warga yang berminat. Tercatat, pada gelombang pertama, 28 Juli lalu, dari 2.359 peminat ada 1.790 orang dinyatakan lolos seleksi program DP 0 Rupiah.

Hingga Oktober ini, sudah 78 kepala keluarga melakukan akad Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), dari jumlah itu 64 kepala keluarga telah serah terima kunci dan sebagian besar di antaranya telah menghuni.

Dengan mencicil sekitar Rp 1.219.598 sampai Rp 2.255.095 setiap bulannya, penghuni nanti dapat memiliki Sertifikat Hak Milik (strata tittle). Berbagai fasilitas pun bisa mereka nikmati di areal rusun ini, mulai dari Balai Warga, PAUD dan Taman Bermain Anak.

Untuk sarana transportasi, sejak 28 Juni lalu, PT Transjakarta sudah mengoperasikan armada Rute 7P yang melintasi jalur BKN Cawang–Pondok Kelapa dengan rentang waktu rata-rata sekitar 30 menit.

Terealisasinya program DP 0 Rupiah ini, menunjukkan keseriusan Pemprov DKI untuk mewujudkan mimpi warga ibu kota memiliki hunian yang layak. Kiwari, mimpi banyak warga Jakarta dari kalangan menengah ke bawah sudah mulai diwujudkan.

Untuk mengetahui lebih banyak pencapaian yang telah dilakukan dua tahun kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dapat diakses melalui jakartaberkolaborasi.beritajakarta.id.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4542 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3922 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3737 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3715 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3666 personAnita Karyati