You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mendorong masyarakat untuk memperoleh kebutuhan informasi akan program, kebijakan dan kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi sangat tinggi. Pemprov DKI Jakarta pun dituntut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dengan membentuk sarana layanan informasi dan komunikasi yang tepat serta dapat diakses secara cepat.

Di penghujung tahun 2000, tercetuslah ide dari Biro Humas Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan layanan data dan informasi kepada masyarakat dengan membentuk Jakarta Cyber. Sarana tersebut rencananya ditempatkan di beberapa lokasi strategis dan nantinya dapat dioperasikan oleh masyarakat. Namun sayang, belum sempat dioperasikan, Jakarta Cyber gagal terlaksana. Wacana membentuk sarana layanan informasi yang tepat terus bergulir. Hingga pada akhirnya, Kantor Pengelola Data Elektronik (KPDE) yang berubah menjadi Kantor Pengelola Teknologi Informasi (KPTI) bersama Biro Humas Pemprov DKI Jakarta sepakat membentuk website. Awalnya, website berita resmi Pemprov DKI Jakarta bernama Jakarta News. Namun, karena nama tersebut sudah ada yang memiliki, nama website berubah menjadi beritajakarta dengan alamat www.beritajakarta.com.

Adapun pengelolaan website ini dilakukan secara swakelola dengan melibatkan tenaga-tenaga profesional. Tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-474 Kota Jakarta, tepatnya 22 Juni 2001, website beritajakarta diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso. Bersama dengan momentum itu, beritajakarta memantabkan diri untuk menjamin kebenaran data dan informasi dengan mengusung tiga positioning. Positioning pertama beritajakarta sebagai media referensi. Positioning kedua sebagai media klarifikasi dan pembentukan opini. Sementara positioning ketiga beritajakarta sebagai media penyeimbang.

Seiring perjalanannya, beritajakarta melakukan inovasi serta perbaikan dengan menyajikan tampilan wajah baru yang lebih dinamis dan menarik. Beragam konten berita, foto dan video disuguhkan dengan kombinasi warna oranye, abu-abu dan hitam membuat website semakin enak dipandang. Pada tahun 2017, alamat website beritajakarta berubah dari semula www.beritajakarta.com menjadi www.beritajakarta.id. Sejak masa ini beritajakarta makin berkembang pesat dengan melakukan perubahan logo, tampilan hingga penambahan fitur-fitur untuk menarik minat baca masyarakat. Khususnya minat untuk mengetahui implementasi program, kebijakan serta kegiatan Pemprov DKI Jakarta secara cepat, akurat dan realtime.

Sebagai website berita resmi Pemprov DKI Jakarta, beritajakarta terus melakukan berbagai inovasi dan pengembangan. Alhasil, pada perayaan HUT ke-493 Kota Jakarta, tepatnya 22 Juni 2020, beritajakarta meluncurkan kanal digital audio visual bernama beritajakarta.tv. Kanal digital tersebut lahir dari keinginan memberikan layanan informasi kepada masyarakat melalui konten-konten video kreatif yang berisi pesan edukatif. Konten video kreatif ini dikemas semenarik mungkin dalam bentuk beragam program seperti Petantang Petenteng, Mpo Sapa, Ngobrol Tengah Hari dan Jurnal Kebon Sirih.

Di awal tahun 2024, beritajakarta tidak berpuas diri dan terus berinovasi merubah tampilan website sekaligus mengembangkan fitur Lenggang Jakarta, Wawancara Khusus Loka Urban dan Paras Kota. Ke depan, beritajakarta akan terus berupaya memberikan beragam layanan informasi dan komunikasi seputar implementasi program, kebijakan dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta termasuk DPRD Provinsi DKI secara aktual dan profesional.

"Beritajakarta Untuk Jakarta"

VISI

Menjadi pilar utama dalam menyediakan beragam informasi yang akurat dan terpercaya seputar Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta untuk membangun sikap positif serta partisipasi masyarakat dalam mendukung Jakarta sebagai kota global yang dinamis dan berkelanjutan.

MISI

  1. Menyajikan serta memberi akses Informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat Jakarta dan internasional tentang perkembangan terkini Kota Jakarta dalam bidang pemerintahan, ekonomi, sosial budaya dan pariwisata.

  2. Mendorong kesadaran akan identitas Jakarta sebagai pusat ekonomi, kebudayaan, dan inovasi di tingkat regional dan global melalui pemberitaan yang mendalam tentang pencapaian, potensi dan program kegiatan strategis Kota Jakarta.

  3. Mendorong serta menggalang partisipasi aktif dan aspirasi masyarakat dalam pembangunan Kota Jakarta yang berdaya saing global dengan menyediakan platform pemberitaan digital yang interaktif dan umpan balik yang konstruktif antara Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta dan masyarakat.

  4. Mengembangkan basis pengetahuan masyarakat terhadap program, kebijakan dan kegiatan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta serta kearifan lokal Kota Jakarta sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas Kota Global.

  5. Menyajikan informasi akan tantangan-tantangan yang dihadapi Kota Jakarta sebagai Kota Global serta solusi inovatif yang diusung Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  6. Memberikan edukasi informasi yang menginspirasi dan mencerdaskan masyarakat, sehingga terbentuk kesadaran dan sikap positif terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta dalam memajukan Kota Jakarta sebagai Kota Global.
"Beritajakarta Untuk Jakarta"

Definisi Logo

Logo adalah sebuah lambang, simbol ataupun identitas dari sebuah produk atau jasa yang dapat menggambarkan tujuan dan maksud dari website tersebut. Logo website beritajakarta merupakan elemen penting yang mencerminkan karakter dari sebuah website berita resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan maksud dapat menciptakan persepsi atau citra positif kepada publik.

Filosofi Logo

Penggunaan fontasi yang simpel pada logo beritajakarta dimaknai dengan mengutamakan kesederhanaan, keluwesan, dan modernisasi. Logo dibuat dengan pendekatan minimalis, mudah dimengerti, nyaman dan adaptif akan perubahan dan inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja.

Kata "Berita" pada logo memiliki makna penyampaian fakta, ide dan opini aktual yang menyoroti implementasi program, kebijakan dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu sebagai media rujukan (referensi), klarifikasi dan penyeimbang berbasis berita maupun audio visual. Berikutnya kata "Jakarta" diartikan sebagai identitas resmi milik Pemprov DKI Jakarta dan cakupan wilayah pemberitaan.

Pada domain beritajakarta.id, logo menggunakan warna oranye. Jika dilihat dari psikologi warna, ini dikaitkan dengan konsep "Antusias" yaitu energi yang dapat membangkitkan antusias dan menginspirasi tindakan. Warna ini dikaitkan juga dengan makna "Pencerahan" yaitu mengembangkan wawasan dan pemahaman, melihat sesuatu dengan lebih jelas dan mendapat perspektif yang baru. Di samping itu juga ada makna "Keterbukaan" yang bertujuan meningkatkan kemudahan akses dan penggunaan informasi oleh semua pihak. Sehingga dapat mendorong interaksi, komunikasi dan kolaborasi. Ini adalah warna yang dapat menyatukan orang dan meningkatkan rasa kebersamaan. Intinya, warna oranye tentang menerima semangat dan energi kehidupan, terbuka terhadap informasi dan perspektif baru serta memupuk hubungan sosial dan komunitas dengan filosofi antusias, pencerahan dan keterbukaan.

Sementara pada domain beritajakarta.tv, logo menggunakan warna hitam dan merah marun yang berarti elegan, kekuatan, formal dan kreatif. "Elegan" menekankan kesederhanaan, keindahan dan efektivitas dengan fokus pada menghasilkan solusi yang fungsional, namun estetis. "Kekuatan" berfokus pada individu yang tangguh, andal dan mampu menghadapi tantangan, mencakup daya tahan dan ketahanan. Pada makna "Formal" lebih menekankan struktur dan presisi, fokus pada penciptaan kreasi yang terorganisir dengan baik, sistematis dan konsisten dengan norma yang telah ditetapkan, termasuk juga tentang konsistensi. Sedangkan kata "Kreatif" berarti inovasi, imajinasi dan eksperimen, mendorong untuk berpikir "out of the box" dan menghasilkan kreasi yang orisinal. Prinsip utamanya mencakup inovasi, imajinasi, eksperimen, orisinal dan kemauan mengambil risiko.

Makna dan arti filosofis tersebut tidak eksklusif satu sama lain dan dapat saja digabungkan dengan unsur-unsur dari berbagai filosofi lain dalam pendekatannya.

"Beritajakarta Untuk Jakarta"