You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Ini Alasan Jakpro Gunakan Rumput Hybrid
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Ini Alasan JIS Gunakan Rumput Hybrid

PT Jakarta Propertindo (Jakpro/Perseroda) memilih menggunakan rumput jenis hybrid untuk tiga lapangan di kompleks Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ketiga lapangan tersebut terdiri dari satu lapangan stadion utama dan dua lapangan latihan.

Pertama, daya serap rumput hybrid terhadap air lebih bagus,

Construction Officer Jakarta International Stadium, Fadhlillah Akmal Yusron mengatakan, pihaknya memiliki alasan tersendiri kenapa menggunakan jenis rumput hybrid. Sebab rumput tersebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan rumput natural.

"Pertama, daya serap rumput hybrid terhadap air lebih bagus. Artinya air akan lebih cepat turun hingga lapisan terbawah rumput. Selain itu, dari sisi penggunaannya, rumput hybrid bisa digunakan dua kali pertandingan sepakbola berskala internasional dalam standar FIFA dalam satu hari," ujarnya, Kamis, (15/10).

Kebutuhan Air Bersih JIS Bakal Dipasok PAM Jaya

Keunggulan lainnya, sambung Akmal, rumput hybrid sangat cocok dengan kondisi iklim pesisir. Hal ini menjadi pertimbangan utama sebab lokasi JIS berada tidak jauh dari pesisir pantai utara Jakarta.

"Bisa bertahan di pesisir kelebihannya. Awalnya di pinggir pantai rumput ini ditanamnya. Jadi ketahanan cuaca pesisir akan kuat dengan rumput ini," katanya.

Selain itu, dikatakan Akmal, rumput hybrid akan menjadi tren lapangan sepakbola modern di masa depan. Itu sebabnya, Jakpro menggunakan rumput hybrid.

Dia menambahkan, JIS bukanlah satu-satunya stadion yang bakal menggunakan rumput hybrid. Sebab stadion-stadion ternama di Eropa seperti Stadion Allianz Arena milik klub raksasa Jerman Bayern Munchen, Wanda Metropolitano Stadium di Madrid, hingga Tottenham Hotspur Stadium di London juga menggunakan rumput hybrid.

"Hybrid pertimbangannya adalah tren masa depan sepakbola. Indonesia baru JIS yang pakai," tambahnya.

Di sisi lain, Akmal menjelaskan, rumput hybrid komposisinya terdiri lima persen menggunakan sintetis dan 95 persennya adalah rumput alami. Adapun fungsi rumput sintetisnya untuk memperkuat struktur rumput agar tidak mudah rusak.

"Jadi nantinya rumput tak akan copot ataupun ambles. Perawatan full sama seperti natural," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4204 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3540 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3389 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3365 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3330 personAnita Karyati