You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Genangan di Empat Titik di Jaktim Berangsur Surut
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Genangan pada Empat Titik di Jaktim Berangsur Surut

Genangan yang terjadi di empat titik berbeda di wilayah Jakarta Timur, kini mulai berangsur surut, Rabu (1/6). Genangan dipicu Kali Ciliwung yang meluap akibat kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor.

Rata-rata air surut sekitar 20 sentimeter

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, tata-rata air surut sekitar 20 sentimeter dari ketinggian genangan semula untuk memantau perkembangan situasi, lanjut Gatot,  pihaknya mengerahkan 14 personel ke tujuh lokasi berbeda.

“Dari tujuh titik pantau yang dimonitoring, terdapat empat titik genangan dan saat ini sudah mulai berangsur surut. Sedangkan tiga titik lainnya tidak ditemukan adanya genangan,” kata Gatot.

Ini Progres Program Pengendalian Banjir 942 per 22 Mei 2022

Menurutnya, ke 14 personelnya ini belum melakukan penganan karena saat ini permukaan Kali Ciliwung masih tinggi dan debit air juga tinggi. Kemudian pemukiman warga posisinya lebih rendah dibanding permukaan Kali CIliwung sehingga air genangan di pemukiman warga tidak bisa dipompa untuk dibuang ke CIliwung.

“Belum ada penyedotan karena permukaan Kali Ciliwung lebih tinggi dibanding pemukiman warga dan ada juga yang sejajar. Sehingga air tidak bisa dikuras atau disedot,” lanjut Gatot.

Kendati demikian pihaknya tetap menyiagakan 14 personelnya itu untuk antisipasi jika ada waga yang membutuhkan bantuan. Selain itu dua unit pompa mobile juga disiagakan di Jatinegara, untuk antisipasi penyedotan genangan.

'lJika ada warga yang membutuhkan bantuan untuk penanganan pasca genangan, misalnya untuk menyemprot lumpur dan membersihkan sampah, kita sudah siapkan personel dan peralatannya,” ungkap Gatot

Ia merinci, empat lokasi genangan yang terjadi saat ini berada di RT 05/007, Kelurahan Bidara Cina setinggi sekitar 20 sentimeter.

Kemudian di Kebon Pala Tanah Rendah RT 06/07, Kelurahan Kampung Melayu genangan setinggi 20 sentimeter. Lalu di RT 06/05, Kelurahan Kampung Melayu setinggi 70 sentimeter dan di Kampung Deret RT 04/06, Kelurahan Kampung Melayu setinggi 90 sentimeter.

Sementara, tiga titik pantau lainnya, tidak ditemukan adanya genangan. Masing-masing di RT 01/003, Kelurahan Bidara Cina, kawasan masjid Al Hawi Jl Raya Condet, Cililitan dan kawasan Komplek Kampus Binawan Kelurahan Cawang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati