You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
jakarta_eprix_2022_sirkuit
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Formula E Diharapkan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Program Jakarta Langit Biru

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menilai balapan Formula E seri ke-9 yang akan digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6) sangat strategis bagi Jakarta, khususnya sebagai ajang kampanye program Jakarta Langit Biru. Masyarakat diharapkan sadar akan peningkatan pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor.

Semoga Formula E ini bisa menjadi triger elektrifikasi transportasi di Jakarta

"Formula E di Ancol, bagi DTKJ bukan hanya sekedar ajang balapan. Lebih dari itu, sebagai ajang kampanye terhadap elektrifikasi transportasi Jakarta. Sebagaimana kita tahu, emisi gas buang kendaraan bermotor mempunyai kontribusi yang besar terhadap pencemaran udara di Jakarta," ujar Ketua DTKJ, Haris Muhammadun, dalam keterangan tertulis yang diterima beritajakarta.id pada Jumat (3/6).

Melihat kondisi pencemaran udara saat ini, pihaknya berharap upaya elektrifikasi transportasi di Jakarta terus digalakkan. Haris mengatakan, di antara kemajuan dalam hal itu, beberapa waktu yang lalu Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menandatangani kerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan elektrifikasi bus di PT Transjakarta.

Jelang Formula E Jakarta, Gubernur Anies: Jakarta Siap Transformasikan Budaya Berkendara Ramah Lingkungan

"Lebih dari itu DTKJ mendorong agar Pemprov DKI Jakarta dapat memelopori penggantian mobil dinas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dari kendaraan konvensional dengan kendaraan listrik," sambungnya.

Selain itu, sambung Haris, DTKJ mendorong pembuatan regulasi yang dapat memberikan insentif bagi pengguna kendaraan listrik serta meningkatkan infrastruktur yang menunjang elektrifikasi transportasi seperti memperbanyak charging station di berbagai wilayah di Jakarta.

"Jika ini terjadi, DTKJ yakin, animo masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik akan meningkat. Ditambah lagi realisasi program Pemprov DKI Jakarta yang lain seperti penerapan ERP (electronic road pricing) dan peningkatan kualitas layanan angkutan umum menuju moda share penggunaan angkutan umum mencapai target 60 persen pada tahun 2030," jelasnya.

Haris menambahkan, jika kendaraan listrik dan angkutan umum di Jakarta sudah menjadi tulang punggung pergerakan perkotaan, maka program Jakarta Langit Biru dan bebas macet akan tercapai.

"Semoga Formula E ini bisa menjadi triger elektrifikasi transportasi di Jakarta," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6180 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3291 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3189 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3135 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2997 personNurito