You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Skema Pembiayaan Pembangunan MRT Fase III dan IV Dirancang Libatkan Swasta
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Skema Pembiayaan Pembangunan MRT Fase 3 dan 4 Dirancang Libatkan Swasta

PT MRT Jakarta (Perseroda) merancang pembiayaan pembangunan fase 3 (East-West Line) dan fase 4 dengan melibatkan sektor swasta. Dari nilai keseluruhan, ditargetkan sektor swasta bisa mengambil peran hingga 40 persen dari total pembiayaan.

Karena itu East-West line dan fase 4 diusahakan dari pendanaan swasta 40 persen

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Wiliam Sabandar mengatakan, pada fase awal yakni fase 1 dan 2 keseluruhan pembangunan mengandalkan dukungan pembiayaan dari pemerintah. Selama ini, pihak JICA sebagai mitra pemerintah yang telah dan komitmen menyelesaikan pembiayaan fase 1 dan fase 2.

"Kita punya pembelajaran case dari Elizabeth Line Inggris, ada keterlibatan sektor swasta. Karena itu East-West line dan fase 4 diusahakan dari pendanaan swasta 40 persen," ujarnya, Kamis (30/6).

Asyik....Besok, Naik Transjakarta, LRT dan MRT Gratis

Dijelaskan William, saat kunjungan ke Inggris beberapa waktu lalu, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Crossrail International pengelola Elizabeth Line di Inggris. Elizabeth Line merupakan jalur komuter yang menghubungkan bagian timur dan barat kota London.

Pembangunan jalur tersebut dikatakan William tidak semua dibiayai oleh negara. Seperti pembangunan sejumlah stasiun dan depo di Elizabet Line melibatkan swasta dengan potensi keuntungan yang ditawarkan.

Secara keseluruhan pembangunan jalur Fase 3 (East-West Line) memiliki panjang sekitar 87 kilometer mulai dari Balaraja hingga Cikarang. Diperkirakan, anggaran pembangunan mencapai Rp 160 triliun.

Sedangkan pembangunan jalur Fase 4 Fatmawati - TMII memiliki panjang sekitar 12 kilometer. Diperkirakan, pembangunan membutuhkan anggaran antara Rp 22-30 triliun.

"Selain ke Inggris, kita juga sudah melakukan kunjungan ke Perancis, Luxemburg dan Korea Selatan di luar Jepang. Responsnya sangat baik," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye12208 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4950 personTiyo Surya Sakti
  3. BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Diguyur Hujan

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4064 personAnita Karyati
  4. Layanan di TPU Jeruk Purut Tetap Optimal

    access_time18-04-2024 remove_red_eye3755 personTiyo Surya Sakti
  5. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3741 personTiyo Surya Sakti