You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wali Kota Jakarta Pusat Lepas 250 Pelajar dalam Kegiatan WKM
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

250 Pelajar SMP Jakpus Ikut Kegiatan Wajib Kunjung Museum

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, Rabu (20/7), melepas 250 pelajar sekolah menengah pertama  (SMP) se-Jakarta Pusat yang ikut program wajib kunjungan museum (WKM).

Diharapkan akan melahirkan duta-duta museum dari para pelajar

Dalam sambutannya, Dhany Sukma mengatakan, program ini dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dengan cara mengenal situs bersejarah dan kebudayaan. Nantinya, para pelajar ini dapat lebih memahami perjalanan dan filosofi sejarah Jakarta, serta menambah wawasan dan sosialisasi.

"Dengan kegiatan ini diharapkan akan melahirkan duta-duta museum dari para pelajar ini," katanya.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jakarta Alami Peningkatan

Dilanjutkan Dhany, dalam kegiatan ini para peserta akan mempelajari peristiwa sejarah secara visual, sehingga imajinasi mereka lebih cepat memahami situasi yang terjadi saat ini. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa semangat perjuangan pahlawan sebelumnya.

"Kita juga mengajak orang tua untuk mulai berwisata ke museum dan mengenalkan sejarah kepada anak-anak. Apalagi museum sekarang juga sudah dilengkapi teknologi yang canggih agar lebih mudah ditangkap oleh anak-anak," ujarnya.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat, M. Nurdin menambahkan,  program wajib kunjungan museum ini akan rutin diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini melibatkan para pelajar dan masyarakat umum.  

"Sebenarnya untuk program WKM ini sebanyak 1.300 orang, terdiri dari 500 pelajar dan 800 masyarakat umum. Untuk keberangkatannya sudah kami jadwalkan. Hari ini 250 pelajar dan besok 250 pelajar lagi. Minggu depan kita jadwalkan untuk masyarakat umum seperti jumantik, dasawisma, kader TP PKK dan warga lainnya," bebernya.

Program WKM ini, kata Nurdin, dilaksanakan di dua lokasi yaitu Kota Tua dan Setu Babakan. Karena dua lokasi ini memiliki situs sejarah dan budaya yang menarik. Khususnya Setu Babakan yang identik dengan sejarah Betawi.Di sana peserta akan diperkenalkan situs budaya betawi seperti ornamen bangunan, adat istiadat, kuliner dan sebagainya.

"Kami berharap ini bisa dikembangkan dikemudian hari dan bisa ditularkan di sekolah masing-masing. Sehingga para pelajar lebih cinta sejarah dan budaya," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8513 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3595 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3376 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3316 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3305 personAldi Geri Lumban Tobing