You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
200 Peserta Ikuti Pembinaan dan Pelatihan Mendongeng Sudin Pusip Jakpus
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Mendongeng Sudin Pusip Jakpus Diikuti 200 Peserta

Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari guru dan  pengelola perpustakaan sekolah, ikut pembinaan dan pelatihan mendongeng yang diadakan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat, Kamis (21/7) di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakpus.

Cara efektif untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik,

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, kegiatan mendongeng yang diinisiasi Sudin Pusip ini merupakan salah satu strategi untuk pengembangan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada jajaran pendidik Sekolah Dasar (SD).

"Mendongeng merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik, menggunakan ornamen atau figur yang layak untuk diteladani sehingga mudah dipahami," kata Dhany.

30 Murid SD di Jakut Ikuti Wisata Literasi Pojok Baca Digital

Ditambahkan Dhany, kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan budaya membaca serta berliterasi, sekaligus menambah wawasan  peserta didik Sehingga pada akhirnya mereka dapat mengembangkan diri menjadi manusia yang unggul.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat, Irwan Septinadi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan teknik mendongeng bagi guru, kader PKK dan pengelola perpustakaan.

"Ini salah satu rangkaian yang telah kita lakukan. Pada 5 Juli kita latih pengelola RPTRA, dan 6 Juli bagi kader TP PKK," tuturnya.

Disampaikan Irwan, peserta pelatihan ini merupakan garda terdepan untuk menanamkan minat baca dan budaya literasi sejak dini kepada anak-anak.

"Dengan teknik mendongeng yang baik, diharapkan apa yang disampaikan kepada peserta didik bisa sampai dan diterima dengan baik," ucapnya.

Arti Amanda, guru SDN Bedungan Hilir 12 yang ikut kegiatan ini, merespon positif pelatihan mendongeng ini, karena  dapat menambah inspirasi para guru yang menjadi penanggungjawab literasi di sekolah.

"Semoga kegiatan ini tidak sekadar mendengarkan, tetapi juga berinteraksi serta praktik secara kelompok.Kami harap, Sudin Pusip lebih rutin menyelenggarakan kegiatan seperti ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11611 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4338 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4209 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4198 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4100 personFolmer