You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
15 Peserta Meriahkan Festival Kuliner Nusantara di Jatinegara
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

15 Peserta Meriahkan Festival Kuliner Nusantara di Jatinegara

Sebanyak 15 peserta meramaikan Festival Kuliner Nusantara 2022 di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Raya Matraman, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (20/8). Kegiatan yang digagas Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) ini digelar hingga Minggu (21/8) besok.

M elestarikan budaya masakan khas Nusantara kepada generasi milenial. 

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar saat membuka acara ini mengatakan,  selain memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, festival bertajuk "Satukan Ragam Soto Nusantara (SATU RASA) ini juga untuk melestarikan makanan khas Indonesia sekaligus membangkitkan perekonomian usaha kecil menengah UKM.  

Menurut Anwar, masing-masing daerah memiliki keunikan, keunggulan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata kuliner.

Festival Budaya dan Kuliner Bakal Meriahkan Perayaan HUT RI di Jakut

"Kegiatan ini dalam rangka melestarikan budaya masakan khas Nusantara kepada generasi milenial. Kegiatan ini baru pertama kali dan diharapkan menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka mempertahankan seni budaya dan masakan khas nusantara." kata Anwar, Sabtu (20/8).

Kasudin Parekraf Jakarta Timur, Ahmad Gozali menambahkan, festival ini diikuti 30 UKM binaan yang menyajikan beragam hidangan kuliner soto Nusantara dan makanan khas daerah lainnya.

"Acara dimeriahkan dengan lomba membuat soto Nusantara yang diikuti 15 peserta. Yakni dari 10 PKK kecamatan dan lima jakpreneur," kata Gozali.

Menurutnya, lomba ini khusus membuat aneka jenis soto Nusantara. Antara lain Soto Betawi, Soto Banjar, Soto Makassar, Soto Kudus, Soto Padang, Soto Medan, Soto Madura, Soto Lamongan dan lainnya.

Dalam lomba ini, seluruh bumbunya menggunakan rempah-rempah yang diolah di tempat dan dilarang menggunakan bumbu penyedap rasa hasil produksi pabrik.

Tampil sebagai pemenang dalam lomba ini, PKK Kecamatan Pasar Rebo yang menyajikan Soto Medan. Juara kedua PKK Kecamatan Jatinegara dengan menu Soto Betawi kuah bening dan urutan ketiga PKK Kecamatan Cipayung yang menyajikan Soto Padang.

"Untuk juara pertama dapat hadiah uang pembinaan Rp 12 juta, juara kedua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp 8 juta," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3730 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3449 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3044 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3005 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2996 personAnita Karyati