You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dispusip DKI Hadirkan IKRA Triwulan Tiga
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Tumbuhkan Budaya Keluarga Gemar Membaca, Dispusip DKI Hadirkan IKRA Triwulan Tiga

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan Tiga pada bulan Juli hingga September 2022.

Kegiatan membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan ini diharapkan dapat membuat peserta tidak hanya memahami isi bahan bacaan

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya membaca di lingkungan keluarga agar dapat membentuk kepribadian individu yang literat.

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Wahyu Haryadi mengatakan, menumbuhkan budaya membaca di lingkungan keluarga memiliki tantangan yang harus dihadapi terutama dengan kehadiran media elektronik saat ini, seperti televisi, game, gadget dan lain-lain.

500 Keluarga di Jaksel Ikuti IKRA Triwulan Kedua

"Keadaan inilah yang sering menghambat minat baca anak di rumah. Banyak orang tua lebih mementingkan perangkat elektronik dibandingkan sebuah buku. Padahal buku maupun media cetak yang lainnya memiliki peran penting dalam proses pembelajaran untuk meraih kesuksesan hidup," ujar Wahyu di Jakarta seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Selasa (23/8).

Pada triwulan tiga ini, Dispusip DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, seperti unsur kecamatan, unsur kelurahan, dan unsur PKK, telah menyiapkan ribuan bahan bacaan untuk dipinjamkan dan dimanfaatkan oleh keluarga di Jakarta.

Peminjaman buku dapat dilakukan selama kurun waktu 14 (empat belas) hari atau lebih, dengan sumber bacaan yang bervariasi, seperti buku cerita atau dongeng untuk anak, serta buku pengetahuan dan keterampilan untuk orang tua.

Adapun, untuk lokasi kegiatan IKRA ini akan tersebar di lima wilayah kota dan kabupaten administrasi yang ada di Jakarta.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk mengikuti kegiatan membaca dan meringkas bahan bacaan tersebut bersama keluarga.

Selanjutnya, peserta dapat melakukan publikasi hasil membaca dan meringkas pada akun media sosial milik masing-masing peserta dalam bentuk foto dan video.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta memberikan e-sertifikat kepada seluruh peserta IKRA. Sedangkan, kepada lima peserta terbaik akan memperoleh goodiebag.

"Kegiatan membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan ini diharapkan dapat membuat peserta tidak hanya memahami isi bahan bacaan, namun juga memperoleh ide atau gagasan yang inovatif untuk berkarya yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat," pungkas Wahyu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3783 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3362 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2813 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2758 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2688 personFolmer