You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
SDA Jakut Bangun Tanggul Darurat Rob di Muara Kali Blencong
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Sudin SDA Jakut Bangun Kisdam di Muara Kali Blencong

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara membangun Kisdam di Muara Kali Blencong, RW 07, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing. Pembangunan Kisdam dilakukan sebagai upaya penanganan darurat mengatasi rob.

Pengerjaan dimulai sejak 20 Juni 2022

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, Kisdam dibuat sepanjang 170 meter dengan ketinggian 120 sentimeter.

"Pengerjaan dimulai sejak 20 Juni 2022 dan ditargetkan rampung September mendatang," ujarnya, Jumat (26/8). 

Peninggian Tanggul Saluran Phb Bangka Rampung Dikerjakan

Dilanjutkan Adrian, pihaknya sudah melakukan survei dan mengukur ketinggian maksimal rob di kawasan permukiman warga yang terletak di sekitar Cagar Budaya situs Rumah Si Pitung. Diperkirakan, ketinggian maksimal air limpas ke permukiman warga tidak sampai 90 sentimeter dan kecil kemungkinan kawasan permukiman warga RW 07 Marunda kembali tergenang rob setelah pembangunan Kisdam rampung. 

"Selisih 30-40 sentimeter dari ketinggian Kisdam yang kami buat. Kisdam ini diprediksi setidaknya mampu berfungsi optimal sampai enam bulan ke depan,” terangnya.

Menurutnya, ke depan Dinas SDA DKI Jakarta akan melakukan pembangunan tanggul permanen berikut pintu air yang mengkoneksikan celah tanggul raksasa NCICD dengan saluran air di pemukiman warga sebagai solusi permanen mengatasi rob. 

"Selain berfungsi menahan luapan air laut, pembuatan tanggul yang akan dilengkapi dengan pintu air tersebut juga menjadi akses keluar masuk bagi perahu nelayan dan kapal dinas milik Direktorat Polairud Polda Metro Jaya," bebernya.

Sementara itu, Camat Cilincing, Anita Permata Sari memastikan rencana pembuatan pintu air sudah masuk pada tahap lelang di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Dipastikan jika ada pintu air, rob tidak lagi menggenangi pemukiman penduduk maupun Markas Unit Patroli Air Marunda Direktorat Polairud Polda Metro Jaya yang berlokasi di RW 07 Kelurahan Marunda.

"Informasi dari Provinsi DKI Jakarta, rencana pembuatan pintu air ini sudah masuk tahap lelang. InsyaAllah dalam waktu dekat pintu air itu sudah bisa dibangun,” tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4560 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4113 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2735 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2690 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2602 personFolmer