You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Perkuat Kolaborasi Antar Daerah, Pemprov DKI Bersama Maluku dan Maluku Utara
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Perkuat Kolaborasi Antar Daerah, Pemprov DKI Bersama Maluku dan Maluku Utara Bentuk Kelompok Usaha Bank (KUB)

Dalam rangka memperkuat kolaborasi antar daerah, Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Pemprov Maluku.

Hari ini kami mendapatkan kehormatan dari Gubernur Maluku hadir bersama jajaran

Kerja sama dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara PT Bank DKI dengan PT Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara tentang Pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB).

Perjanjian kerja sama ini dilakukan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail di Balai Kota DKI Jakarta, pada Selasa (27/9).

Gubernur Anies Harapkan Jakarta Innovation Days Jadi Wadah Pembaruan dalam Pembangunan Kota

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Anies mengapresiasi terwujudnya kembali sebuah realisasi kerja sama lintas daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga di masing-masing wilayah.

"Hari ini kami mendapatkan kehormatan dari Gubernur Maluku hadir bersama jajaran, dan juga pimpinan Bank Maluku dan Maluku Utara. Kami melakukan kerja sama ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan warga Jakarta maupun Maluku. Nanti ada banyak potensi yang bisa kita kembangkan langsung dari BUMD kita," ujar Gubernur Anies seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Selasa (27/9).

Gubernur Anies pun membahas potensi kerja sama antar daerah ini dengan Maluku yakni dalam hal kebutuhan beras, ikan, pasokan daging, telur, di mana komoditas ini juga telah sering dilakukan dengan wilayah lainnya.

"Nah, dengan Maluku kita berharap bisa konkritkan juga dalam waktu dekat. Jadi kami ingin sampaikann rasa syukur alhamdulillah, gubernur sendiri menyempatkan untuk bisa hadir bersama di sini. Mudah-mudahan ini menjadi awalan yang baik untuk kerjasama Jakarta dan Maluku, baik G2G maupun P2P," jelas Gubernur Anies.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail beserta jajarannya merasa sangat terhormat karena realisasi kerja sama ini mampu diwujudkan.

Di samping Pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB), Gubernur Murad Ismail juga menjelaskan bahwa Maluku sangat kaya dengan potensi alamnya, termasuk potensi pariwisata.

"Kita bersyukur Gubernur Anies sangat memberikan perhatian kepada Maluku. Saya pun menilai ini adalah aksi nyata yang luar biasa. Kembali kepada kerja sama, banyak sekali potensi yang ada di Maluku yang bisa kita jual ke Jakarta. Jadi, kita bisa mengambil peluang ini untuk bagaimana hasil alam kita di Maluku bisa dipasarkan di Jakarta," pungkas Gubernur Murad.

Perlu diketahui, latar belakang kerja sama ini untuk menindaklanjuti Peraturan Otoritas Jasa Keuanga (POJK) Nomor 12/POJK.03/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, di mana Bank DKI bermaksud membentuk Kelompok Usaha Bank (KUB) bersama Bank Maluku dan Maluku Utara (Bank Maluku Malut), sebagaimana telah tertuang dalam Buku Revisi Rencana Bisnis Bank (RBB) PT Bank DKI Tahun 2022-2024.

Pemilihan Bank Maluku Malut didasari persamaan perspektif dalam konsep business matching antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara, khususnya di bidang perikanan, tambang (nikel), gas, dan sumber daya alam lainnya.

Adapun rencana pembentukan KUB ini juga diharapkan dapat memperkuat ekosistem bisnis antara BUMD DKI Jakarta dengan Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara.

Perlu diketahui, Penandatangan kerjasama ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta beserta jajaranya, jajaran Pemda Maluku, Direktur Eksekutif Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Bapak Onny Widjanarko; Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 Jakarta - Banten sekaligus Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), Bapak Roberto Akyuwen; Plt. Kepala BPBUMD, Ibu Fitria Rahadiani beserta jajaran; Komisaris Independen merangkap jabatan sebagai Plt.

Komisaris Utama PT Bank DKI, Bapak Lukman Hakim, serta Komisaris PT Bank DKI, Bapak Edi Sumantri; Direktur Utama Bank DKI, Bapak Fidri Arnaldy beserta jajaran serta Direksi, Manajemen dan Karyawan Bank DKI; serta jajaran Bank Maluku dan Maluku Utara.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11814 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4551 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4415 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4406 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4307 personFolmer