You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Rumahnya Telah Direhab, Rasiti Menangis Haru di Pelukan Gubernur
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Rumahnya Dibangun Kembali, Rasiti Menangis Haru di Pelukan Gubernur

Keharuan dan kegembiraan tertuang dalam air mata yang menetes di sela wajah Rasiti, saat menerima kunci rumah dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Jumat (7/10) siang. Dengan terisak, perempuan berusia 78 tahun ini memeluk tubuh Anies sambil berkali-kali mengucapkan terimakasihnya.

Alhamdulillah..Dibantu Pak Gubernur, rumah saya dibangun kembali

Nenek  tiga cucu ini merupakan satu dari 138 warga RT 05/01 Kelurahan Cipinang Besar Utara (CBU), Jatinegara, Jakarta Timur, yang huniannya telah dibangun kembali oleh Pemprov dan Baznas Bazis DKI, pasca terbakar beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah..Dibantu Pak Gubernur, rumah saya dibangun kembali. Sekarang lebih rapi, bagus, bersih dan sehat," ucap Rasiti.

Kampung Gembira Gembrong Siap Diresmikan

Lansia asal Indramayu, Jawa Barat, yang sudah menetap di kawasan ini sejak usia 10 tahun, mengaku sempat larut dalam keputusasaan saat rumah ludes dilalap si jago merah ketika banyak orang bergembira merayakan Idul Fitri 1442 tahun lalu.

Dalam kesediahn kala itu, kenang Rasiti, dirinya bingung hendak tinggal di mana. Karena rumah semi permanen tempatnya berteduh dari panas dan hujan, sudah luluh menjadi arang. 

Untuk membangun rumah kembali, mustahil. Maklum, penghasilannya sebagai buruh cuci dan pengumpul barang bekas cuma cukup untuk kebutuhan sehari-hari bersama cucu dan mantu perempuannya.  

"Semula saya bingung, bagaimana caranya bisa memiliki rumah lagi. Karena saya sudah lansia, tidak punya penghasilan dan tinggal bersama cucu serta menantu. Sedangkan anak saya sudah meninggal dunia," ungkap Rasiti.

Lumrah, apabila di hari ini Rasiti merasa sangat terharu dan bahagia, sebab rumahnya sudah dibangun kembali tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Perasaan serupa diutarakan Kusmeri, warga RT 02/01 CBU lainnya.  Nenek delapan cucu dan ibu dari tiga anak ini mengaku sangat senang. Karena rumahnya yang  ludes terbakar kini berdiri kokoh kembali berkat bantuan dari Pemprov DKI. 

"Saya sudah  melihat rumahnya, bangunannya bagus sekali, kokoh. Tentu sangat senang karena lebih nyaman dan sehat," kata Kusmeri.

Kegembiraan juga dirasakan Maju Siman Hutabarat, Ketua RW 01 CBU. Dia menghaturkan terimakasih kepada  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan jajarannya yang telah membangun kembali 138 rumah warganya yang terbakar. 

Bukan cuma itu, wilayah yang dulu kumuh dan padat, sekarang sudah berubah menjadi Kampung Gembira Gembrong yang tertata rapi, bersih dan lebih sehat.

"Setelah peresmian, nantinya semua warga langsung menempati hunian ini. Karena semua sudah terbangun rapi. Kami ucapkan terimakasih pada Pak Gubernur, Wali Kota Jakarta Timur, Baznas Bazis DKI dan semua pihak yang telah membantu pembangunan Kampung Gembira Gembrong ini," tandas Maju Saiman.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4816 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4771 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4175 personNurito
  4. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4069 personTP Moan Simanjuntak
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye3903 personTP Moan Simanjuntak