You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
LRT Ditargetkan Beroperasi 2019
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

LRT Ditargetkan Beroperasi 2019

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (ahok) telah menandatangani Peraturan Gubernur (pergub) pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BULD) Light Rail Transit (LRT). Ditargetkan pada tahun ini pembangunan LRT sudah bisa dilakukan

Itu kami bisa jamin kurangi kemacetan 30 persen untuk LRT saja

Basuki bahkan telah menunjuk Kepala BULD LRT, yakni Benhart Hutajulu. Semula Benhart menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Timur. "Sudah ditandatangani kemarin. Kepalanya Pak Benhart, dari Dishubtrans yang dulu Kasudin di Jakarta Timur," kata Basuki di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (5/6).

Beberapa BUMD DKI Jakarta akan ikut lelang dalam pembangunannya. Diantaranya yakni, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Pembangunan Jaya. "Ya itu belum tentu dia mesti ikut lelang, tapi dia jadi inisiator sehingga dapat poin lebih," ucapnya.

Ahok Tak Izinkan Depo LRT Dibangun di Atas RTH

Menurut Basuki, ditargetkan LRT bisa beroperasi pada tahun 2019 mendatang. Dengan adanya moda transportasi baru ini, diprediksi kemacetan di ibu kota bisa berkurang hingga 30 persen. "Itu kami bisa jamin kurangi kemacetan 30 persen untuk LRT saja," ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta juga akan menggelar lelang khusus untuk sistem pengoperasian kereta dalam kota ini. Pembangunan moda transportasi berbasis rel ini rencananya akan dibagi menjadi tujuh koridor. Total panjang rel mencapai 70 kilometer. Untuk pembangunan rel memerlukan dana sekitar Rp 35 triliun.

Nantinya pembangunan LRT akan sepenuhnya dibiayai oleh APBD DKI Jakarta, tanpa ada bantuan dari pemerintah pusat. Sementara, PT Adhi Karya juga akan membangun LRT di jalur yang berbeda.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito