You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ribuan Personel Gabungan Gelar Kerja Bakti di Aliran Kali Ciliwung
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Ribuan Personel Gabungan Gelar Kerja Bakti di Aliran Kali Ciliwung

Ribuan personel gabungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kostrad, Kopassus, Marinir dan Brimob menggelar kerja bakti di sepanjang aliran Kali Ciliwung.

Dibutuhkan kerja sama dan sinergisitas

Kerja bakti gabungan diawali apel bersama 1.000 personel gabungan di lapangan Makostrad, Jalan Medan Merdeka Timur yang dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto.

“Hari ini, kita berkumpul menggelar kerja bakti gabungan antara Pemprov DKI Jakarta bersama pasukan Kostrad, Kopassus, Marinir, Brimob dan masyarakat. Total sebanyak 1.000 personel lebih dikerahkan dalam kegiatan kerja bakti di sepanjang aliran sungai Ciliwung," ujar Asep Kuswanto, Kamis (10/11).

100 Personel Gabungan Kerja Bakti di Kelurahan Selong

Dikatakan Asep, Jakarta  membuka ruang bagi seluruh warga dalam pembangunan penataan kota. Upaya menciptakan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya tidak dapat dilakukan oleh pemerintah daerah semata.

"Dibutuhkan kerja sama dan sinergisitas seperti halnya saat ini. Kita berada di lapangan Makostrad bersama-sama berbeda warna dan latar belang dengan satu tujuan," katanya.

Ia menjelaskan, Pemprov DKI bersama jajaran TNI,  Polri dan masyarakat bersinergi menggelar kerja bakti gabungan di aliran Kali Ciliwung.

"Dalam perkembangannya Kali Ciliwung menghadapi banyak tantangan di antaranya penurunan kapasitas aliran disebabkan penyempitan sungai, sedimentasi, penurunan kualitas air akibat pencemaran limbah rumah tangga dan peningkatan pembuangan sampah yang terbawa di dalam aliran yang berpotensi banjir di Jakarta," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai usaha untuk mengembalikan fungsi ekosistem serta penanganan sampah di aliran Kali Ciliwung.

“Sebanyak 182 petugas Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dikerahkan di 56 titik penanganan sampah setiap hari. Kami juga memasang 11 sekatan kubus apung dan 10 unit alat berat tersebar di sepanjang aliran Kali Ciliwung yang melintasi DKI Jakarta," ungkapnya.

Ditambahkan Asep, data hasil penanganan sampah di sepanjang aliran Kali Ciliwung pada tahun lalu telah terjadi penurunan sekitar 20 persen. Serta hasil data kualitas air yang dilakukan pada periode IV tahun 2022 mencatat sebanyak 4 dari 18 titik sampel air yang diambil mengalami pencemaran ringan dan dua titik kategori pencemaran sedang.

"Kami berharap kerja bakti gabungan yang digelar hari ini bersama Pemprov DKI, TNI dan Polri bersama masyarakat membuahkan hasil maksimal," tambahnya.

Sekadar diketahui ribuan pasukan gabungan dikerahkan dalam kerja bakti gabungan di sepanjang aliran Kali Ciliwung. Ribuan personel dikerahkan di lima titik aliran Kali Ciliwung yakni Markas Korps Marinir, Mabes AD, Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri dan Masjid Istiqlal.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9133 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7919 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6722 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6454 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6420 personAldi Geri Lumban Tobing