You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PMI DKI Jakarta Kirim 71 Relawan dan Bantuan ke Cianjur
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

PMI DKI Jakarta Kirim 71 Relawan ke Cianjur

Gempa magnitudo 5,6 SR mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11) pukul 13.21, mengakibatkan 163 jiwa meninggal dunia serta ratusan bangunan rusak.

Diperbantukan untuk proses evakuasi dan pemberian pertolongan pertama

Merespon kejadian tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengirimkan relawan dan bantuan menuju kota Cianjur untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan serta memberikan layanan evakuasi.

Tim respon bencana yang dipimpin Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI DKI Jakarta, Mohamad Isa, dilepas secara resmi oleh Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) PMI DKI Jakarta, Syarifuddin di halaman Gedung PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya No.47 Jakarta Pusat, Selasa (22/11).

Relawan PMI Jakut Diberangkatkan ke Lokasi Bencana Cianjur

Syarifuddin menjelaskan, pihaknya mengirimkan 71 relawan yang terdiri dari unsur dokter, perawat serta tim evakuasi. Ini merupakan bentuk dukungan kemanusiaan serta memberikan bantuan logistik dalam menanggulangi bencana gempa yang terjadi.

“Relawan yang diberangkatkan nantinya akan diperbantukan untuk proses evakuasi dan pemberian pertolongan pertama,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya mengerahkan tujuh unit ambulan gawat darurat, tiga unit mobil jenazah, lima unit kendaraan pick up, serta tiga unit kendaraan operasional. Keberangkatan tim ini nantinya akan berlanjut, dan pada tahapan selanjutnya. Nantinya jajaran pengurus akan menindaklanjuti data-data informasi yang diperoleh dari tim awal ini.

Berdasarkan informasi yang diterima dari PMI Pusat, saat ini ada beberapa hal yang menjadi kebutuhan mendesak antara lain tenda pengungsian, tarpaulin, alas tidur, alat penerangan, obat-obatan, ambulans serta tim kesehatan untuk memberikan pertolongan pertama dan evakuasi pasien.

Syarifuddin melanjutkan, ketersediaan darah yang ada di PMI DKI Jakarta saat ini ada di atas 10.000 kantong darah. Apabila PMI Cianjur mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan darah pihaknya siap membantu, tetapi itu semua tak lepas dari data yang nanti akan diberikan oleh PMI Cianjur.

"Skala prioritas kami adalah manula dan balita yang membutuhkan pertolongan,” ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4266 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4038 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2656 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2601 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2525 personFolmer