You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disparekraf DKI Paparkan Ekonomi Kreatif Jakarta
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Ini Jurus Jitu Disparekraf Kembangkan Ekonomi Kreatif di Jakarta

Guna mengatasi tantangan pengembangan ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta telah menerapkan beberapa 'jurus jitu'.

F okus pada perkembangan ekonomi dengan potensi pertumbuhan komunitas kreatif digital,

Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengungkapkan, dalam menjawab semua tantangan pihaknya telah menyiapkan rancangan besar ekonomi kreatif di Jakarta dengan fokus pada enam hal, yaitu identitas, industri, ruang, kebijakan, edukasi dan digitalisasi.

Jakarta sebagai kota kreatif, menurut Andhika, memiliki banyak keunggulan dengan kehadiran beragam komunitas dan sebagai tempat ruang pertemuan insan kreatif. Dengan dukungan dari pihaknya, maka tantangan untuk pelaku ekonomi kreatif dapat dikerjakan dengan baik.

Disparekraf Promosi Pariwisata Jakarta Melalui Event Sail Tidore Expo 2022

“Arah kebijakan rencana besar ekonomi kreatif di Jakarta nantinya akan fokus pada perkembangan ekonomi dengan potensi pertumbuhan komunitas kreatif digital dan tradisional kota, transformasi yang mendukung komunitas kreatif dalam aktivasi dan revitalisasi ruang publik, dan merespons kebutuhan pemberdayaan masyarakat termasuk penyediaan lapangan kerja,” paparnya.

Diakui Andhika, ada beberapa tantangan yang harus dijalani industri kreatif saat ini. Di antaranya, kurangnya perluasan pasar dan penetrasi produk kreatif, hadirnya kompetitor dari luar negeri, minimnya akses permodalan, serta pengembangan SDM.

"Hal-hal inilah yang perlu kita segera carikan solusinya,” tegas Andhika, saat hadir sebagai narasumber dalam ajang Ideafest 2022 di Ruang Pulse, Jakarta Convention Center, Jumat (25/11).

Selain Andhika, hadir sebagai narasumber dalam acara bincang-bincang ini Diana Paskarina, Co Founder & COO Anantarupa; Satrya Agung, Project Lead Pop Art Jakarta; Nugraha Pratama, Travel Sketcher.

Acara bincang-bincang yang dimoderatori Vita Datau dari Dewan Komite Ekonomi Kreatif Jakarta

ini mendapat sambutan positif dari pengunjung IdeaFest 2022, terlihat dari membludaknya pengunjung saat acara berlangsung.

Perhelatan Ideafest 2022 yang diselenggarakan mulai 24 hingga 27 November ini, dimeriahkan pula dengan beragam acara menarik yang diisi oleh seniman, komunitas kreatif dan berbagai program.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6113 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4816 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3443 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3411 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3286 personFolmer