You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kabel Udara di Jl Jatinegara Kaum Ditertibkan
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Tertibkan Kabel Udara di Jalan Jatinegara Kaum

Dinas Bina Marga DKI Jakarta menertibkan jaringan kabel udara di Jalan Jatinegara Kaum, Kelurahan Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur. Penertiban kabel udara sepanjang tiga kilometer ini ditarget rampung dalam sepekan.

mendukung secara estetika Jakarta menuju kota smart city global

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, penertiban kabel utilitas di Jalan Jatinegara Kaum, merupakan perdana dilaksanakan di Jakarta Timur. Penertiban sesuai dengan Pergub 106 tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Infrastruktur Jaringan Utilitas.

"Penertiban ini sebagai bentuk komitmen kami dalam menegakan aturan dan mendukung secara estetika Jakarta menuju kota smart city global," ujar Hari Nugroho di sela-sela kegiatan penertiban, Kamis (1/12).

Kabel Udara di Jalan Pengadegan Timur II Ditertibkan

Dikatakan Hari, sejak 2019, pihaknya sudah melakukan penertiban kabel utilitas di sejumlah kawasan seperti di Jalan Mampang Prapatan, Jalan Tendean, Jalan Prof Dr Satrio, Jalan Kemang Raya, Jalan Mampang Prapatan, kawasan Kebayoran Baru, kawasan Cikini, Jalan Salemba Raya dan Jalan Wolter Monginsidi.

Menurutnya, total sepanjang 35 kilometer jalan di DKI Jakarta bebas dari kabel udara yang melanggar aturan pedoman penyelenggaraan infrastruktur jaringan utilitas. Dari jumlah itu sebanyak 25 kilometer di antaranya diturunkan dan diintegrasikan ke sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) yang ada.

Ia memastikan, penertiban kabel udara akan terus dilanjutkan ke sejumlah jalan di DKI Jakarta. Targetnya, dalam waktu 4-5 tahun ke depan, seluruh DKI Jakarta bebas dari kabel udara.

"Sebelum ditertibkan tentu akan dilakukan mekanisme pemberitahuan dahulu mulai dari enam bulan, dua bulan dan satu bulan. Bila sudah diberi pemberitahuan tapi tidak dipotong juga, ya risiko," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Timur, Benhard Hutajulu menambahkan, penertiban melibatkan sebanyak 60 personel Satgas Bina Marga.

"Kabel yang dipotong ini merupakan kabel fiber optic. Sedangkan kabel listrik masih dalam proses koordinasi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5111 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3481 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3331 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3284 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3273 personAnita Karyati