You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Peringatan Hakordia 2022, DPMPTSP DKI Jakarta Berkomitmen Bersatu Berantas Korupsi
....
photo Yudha Peta Ogara - Beritajakarta.id

Peringatan Hakordia 2022, DPMPTSP DKI Berkomitmen Bersatu Berantas Korupsi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus bekerja memberikan pelayanan publik prima di bidang penanaman modal, perizinan dan nonperizinan.

kami akan terus hadir sebagai inisiator dan inovator

Hal itu disampaikan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Provinsi DKI Jakarta pada kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Komitmen Pemprov DKI menjaga amanah dan berdedikasi sepenuh hati dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat telah terbukti, antara lain dengan mempertahankan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dengan Nilai Tertinggi (A) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia.

Dinas PMPTSP Raih Penghargaan dari KemenPANRB

"Insya Allah, melalui komitmen amanah dan dedikasi sepenuh hati serta dukungan dari masyarakat, kami akan terus hadir sebagai inisiator dan inovator serta menjadi inspirasi dalam mewujudkan peyelenggaraan pelayanan publik yang prima," kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Senin (12/12).

Ia menjelaskan, DPMPTSP DKI Jakarta mendukung percepatan reformasi birokrasi berkelas dunia dan turutnmelakukan upaya dalam memberantas segala bentuk pungutan liar (pungli) dalam pelayanan publik, sebagaimana amanat Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Oleh sebab itu, Benni memastikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan DPMPTSP DKI Jakarta dilakukan secara professional, efektif, efisien, transparan, adaptif dan berkelanjutan.

"Pemberantasan segala bentuk pungutan liar dalam pelayanan publik dan percepatan reformasi birokrasi yang berkelas dunia terus diupayakan dengan melakukan penyederhanaan birokrasi, menghadirkan inovasi- inovasi layanan berbasis digital yang memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan, DPMPTSP DKI Jakarta semakin adaptif dengan perkembangan inovasi teknologi demi memenuhi harapan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang Prima di Jakarta. DPMPTSP DKI Jakarta memiliki beberapa inovasi layanan, antara lain Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) yang cukup diminati masyarakat. Pemohon perizinan/nonperizinan dapat memanfaatkan layanan AJIB melalui website pelayanan.jakarta.go.id dengan memilih menu "pesan ajib" atau melalui call center Tanya PTSP 1500164.

Petugas AJIB akan melakukan pendampingan pengurusan perizinan/nonperizinan secara gratis, mulai dari tahap permohonan sampai izin penerbitan secara langsung di lokasi usaha. Petugas AJIB akan datang ke rumah atau kantor untuk membantu pemrosesan perizinan atau nonperizinan di wilayah DKI Jakarta, mulai dari permohonan, pengajuan perizinan atau nonperizinan secara daring sampai dengan izin diterbitkan atau end to end process dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Di samping itu, DPMPTSP DKI Jakarta juga menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Virtual dengan mengedepankan pelayanan digital yang dapat diakses melalui website pelayanan.jakarta.go.id di mana pemohon dapat memanfaatkan MPP Virtual dengan mengedepankan pelayanan digital secara komprehensif mulai dari pengalaman baru pengurusan perizinan atau nonperizinan yang menyenangkan hingga melakukan konsultasi teknis perizinan dan nonperizinan dengan petugas DPMPTSP DKI Jakarta.

"DPMPTSP DKI Jakarta juga gencar memberikan keterbukaan informasi publik mengenai prosedur perizinan atau nonperizinan, kebijakan, inovasi dan capaian DPMPTSP DKI Jakarta melalui media sosial @layananjakarta termasuk memberikan layanan penyuluhan dan asistensi pengajuan perizinan atau nonperizinan di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta," ujarnya.

Dalam hal menarik investasi baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA), Benni menyebutkan bahwa DPMPTSP DKI Jakarta memiliki Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (UIC) yang menjadi wadah bagi para calon investor dalam mencari informasi seputar proyek-proyek potensial di Jakarta sampai dengan memberikan pendampingan pengurusan perizinan atau nonperizinan di bidang penanaman modal.

"Kami terus memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Bersama mewujudkan pelayanan publik yang Prima di Jakarta, Bersatu Berantas Korupsi," pungkas Benni.

Pada kesempatan itu, DPMPTSP DKI Jakarta juga menyosialisasikan berbagai inovasi layanan guna memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada warga Jakarta, yakni Pelayanan Perizinan Terpadu dan Terintegrasi Melalui Mal Pelayanan Publik Jakarta, Starting a Business Corner atau Gerai Memulai Usaha, Jakarta Investment Centre, Jakarta Virtual Consultant for Business (UVC for B), Permohonan Perizinan dan Nonperizinan dengan Pelayanan Online Jakarta Evolution (JakEvo).

Kemudian, Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Mobil AJIB Tanya PTSP 1500164, Antrian Online dan Lacak Berkas, Tanda Tangan Elektronik, Sistem Informasi Pengaduan Perizinan Terpadu (SiPinter), One Day Service dan Fast Track, Jasa Arsitek Gratis untuk bangunan rumah tinggal dengan luasan di bawah 200 m2, IMB 3.0, PTSP Goes To Mall, Pelayanan Terpadu Keliling Kepulauan Seribu, Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota, dan lain-lain.

Berbagai pencapaian dan penghargaan bergengsi berhasil diraih oleh DPMPTSP DKI Jakarta baik dari pemerintah pusat, antara lain Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebagai Kepala Daerah Pemimpin Perubahan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari KemenPANRB.

Lalu, Mal Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi DKI Jakarta - Unit Kerja Pelayanan berpredikat Wilayah Bebasdari Korupsi (WBK) dari Kemen PANRB; Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, Pelopor Perubahan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari KemenPANRB; Rekor Muri Instansi penerbit Perizinan dan Nonperizinan terbanyak dalam satu tahun, dan masih banyak lagi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2095 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1077 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1019 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye798 personAldi Geri Lumban Tobing