You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Selama Nataru Jakarta Bakal Diguyur Hujan
....
photo doc - Beritajakarta.id

BMKG: Selama Nataru Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, wilayah Jakarta bakal diterpa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Akan ada potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat yang akan memanfaatkan libur Nataru untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang mungkin terjadi di masa libur Nataru mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

"Kami sampaikan akan ada potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia saat liburan Natal dan tahun baru," kata Dwikorita dalam konferensi pers, Selasa (20/12) malam.

Hujan Bakal Basahi Jakarta Hari Ini

Menurutnya, saat ini Indonesia sedang memasuki puncak musim hujan sehingga ada beberapa provinsi yang berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat pada periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Dijelaskan Dwikorita, ada 11 provinsi berpotensi mengalami hujan lebat hingga sangat lebat bahkan dapat menjadi ekstrem. Sementara, DKI Jakarta termasuk sembilan (9) Provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada periode yang sama.

"Potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh empat anomali cuaca yang terjadi berberbarengan, yakni peningkatan aktivitas monsoon Asia, semakin intensifnya seruakan dingin Asia, adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah, serta terpantaunya aktivitas gelombang atmosfer," ungkapnya.

Dwikorta mengingatkan, seluruh pihak untuk melakukan mitigasi demi mencegah terjadinya bencana akibat cuaca ekstrem. Masyarakat dapat memantau dan melaporkan melalui aplikasi mobile, laman www.BMKG.go.id, media sosial bahkan dapat langsung menghubungi kantor BMKG.

"Kita terus melakukan literasi yang lebih masif melalui berbagai media pada pemerintah daerah dan masyarakat. Kami terus melakukan sinergi kepada pihak yang terkait untuk mengefektifkan mitigasi tersebut," tutupnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1774 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pencairan Bansos PKD DKI 2024 Tahap Ketiga Rampung

    access_time20-09-2024 remove_red_eye1453 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1364 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1215 personNurito
  5. JakLingko Indonesia Raih Penghargaan DTKJ Awards 2024

    access_time21-09-2024 remove_red_eye1032 personAldi Geri Lumban Tobing