You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembongkaran Bangunan Liar di Cawang Diwarnai Kericuhan
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Puluhan Bangunan Liar Dibongkar di Cawang

Sekitar 40 bangunan liar yang berdiri di atas lahan seluas 5.200 meter persegi di Jl Letjen Sutoyo, Cawang, Kramatjati dibongkar petugas, Selasa (16/6). Jalannya pembongkaran sempat berlangsung ricuh lantaran para pemilik bangunan sempat menghalang-halangi petugas.

Bangunan dibongkar karena lahan akan digunakan oleh pemilik yang sah

Beruntung, aparat kepolisian dapat mengendalikan situasi. Tak lama kemudian, satu unit beko dikerahkan untuk menertibkan lahan yang diklaim milik Hidayat Darmono.

Camat Kramatjati, Eka Dharmawan mengatakan, 40 bangunan ditertibkan karena berdiri secara ilegal sejak sekitar tahun 2000. Sebelum dibongkar, pihaknya sudah memberikan surat peringatan. Namun para pemilik bangunan tetap membandel sehingga pembongkaran terpaksa dilakukan. Bangunan liar ini antara lain berupa dua blok areal parkir yang masing-masing berkapasitas 300-an sepeda motor, rumah biliar, rumah makanan dan minuman, warung rokok, dan kafe.

300 Bangunan Liar di Kebon Kosong Dibongkar

“Bangunan dibongkar karena lahan akan digunakan oleh pemilik yang sah. Sebelumnya kami sudah memberikan surat peringatan namun pemilik bangunan enggan membongkar sendiri," ujar Eka, Selasa (16/6).

Johan (50), salah seorang pemilik bangunan menuturkan, ia bersama warga lainnya sebenarnya bukan ingin mempertahankan lahan yang telah ditempatinya lebih dari 15 tahun. Namun warga meminta agar pemilik lahan memberikan uang kerohiman yang layak.

“Pemilik lahan harusnya memberikan uang kerohiman. Apalagi saya dapat kabar, beberapa orang sudah mendapatkan kerohiman," katanya

Sementara, akibat penertiban ini, lalu lintas di Jl Letjen Sutoyo maupun Letjen MT Haryono, Cawang mengalami kemacetan yang cukup parah. Ekor kemacetannya hingga mencapai tiga kilometer, terutama ruas jalan dari arah Cililitan menuju Tanjung Priok maupun Cililitan menuju Jl Gatot Subroto.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye972 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing