You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Berlangsung Meriah
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Dideklarasikan

22.12.2022.02.22 mungkin bisa jadi angka bersejarah bagi masyarakat Betawi. Kenapa? Karena pada tanggal 22 bulan 12 tahun 2022 jam 02 lewat 22 siang, Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi dideklarasikan di Balai Agung, Gedung Balai Kota DKI.

Diharapkan bisa menjalankan serta mendukung kegiatan pembangunan DKI Jakarta

Deklarasi Majelis Amanah ini menjadi tonggak sejarah peleburan dua organisasi masyarakat Betawi, yaitu

Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982.

Marullah Bersama Tokoh Betawi Ziarah ke Makam Haji Lulung

Dalam acara ini, turut pula dilantik Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Budaya, Marullah Matali, menjadi pemimpin Majelis Amanah Masyarakat Betawi

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengapresiasi dan mendukung penuh deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi ini. Dikatakan Heru, momentum deklarasi tersebut cukup unik yaitu 22/12/2022 di jam 2.22 siang. 

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi atas deklarasi ini. Semoga optimistis kita ini dapat diteruskan untuk menjalankan serta mendukung kegiatan pembangunan DKI Jakarta, serta membangun kaum Betawi untuk Kota Jakarta yang kita cintai," kata Pj Gubernur, saat memberi sambutan pada acara deklarasi ini, Kamis, (22/12).

Heru juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para tokoh masyarakat betawi sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik. 

"Terima kasih kepasa tokoh masyarakat Betawi sehingga ini bisa terselenggara dengan baik, dan penuh kemeriahan," imbuhnya. 

Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi, Marullah Matali menambahkan, majelis ini menaungi semua ormas Betawi, termasuk Bamus Betawi yang dipimpin Riano P Ahmad dan Bamus Suku Betawi 1982 yang dipimpin Zainuddin.

"Keduanya telah bersepakat untuk rekonsiliasi dan menyatu, melebur menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Semoga ke depan masyarakat Betawi betul-betul solid membangun Jakarta," tuturnya. 

Marullah menjelaskan,setelah deklarasi ini, rencananya pada 2023 mendatang, Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi akan menggelar musyawarah besar untuk membuat, dan menentukan program-program serta memilih kepengurusannya. 

"Intinya nanti program dan kegiatannya sama seperti dulu yang organisasi betawi lakukan, tapi kita juga akan tambahkan program tambahan nantinya," ucap Marullah.

Deklarasi majelis digelar meriah mulai, dengan menampilkan berbagai  acara hiburan musik Betawi, tarian topeng dan ondel-ondel, serta arak-arakan kuda yang membawa Marullah Matali bersama dua pemimpin Bamus Betawi sebelumnya, yaitu Zainudin alias Haji Oding dan Riano P Ahmad, hingga Fauzi Bowo.

Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan tradisi palang pintu. Kedatangan rombongan Bamus Betawi disambut Pj Sekda DKI Jakarta Uus Kuswanto, dan Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry.

Puncak acara pembacaan isi deklarasi oleh Sekjen Bamus Betawi, Syarif Hidayatullah dan Sekjen Bamus Suku Betawi 1982, M Ihsan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Zainudin, Riano P Ahmad, Eddie Nalapraya, Nuri Tahir, Fauzi Bowo, dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11832 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4569 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4433 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4424 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4325 personFolmer