You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Inilah Rekayasa Lalu Lintas CFN di Malam Tahun Baru
....
photo doc - Beritajakarta.id

Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Festival Malam Tahun Baru 2023

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (Lalin) saat digelarnya Festival Malam Tahun Baru 2023 di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman pada Sabtu (31/12) malam hingga Minggu (1/1) dini hari.

agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, akan terdapat tujuh panggung di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman saat berlangsungnya Festival Malam Tahun Baru 2023. Acara tersebut dijadwalkan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

“Pengalihan arus lalin akan dilakukan bertahap mulai pukul 18.00 WIB, menyesuaikan kondisi lalin di lapangan,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/12).

Malam Tahun Baru, Kawasan KBT Ditutup Total

Dikatakan Syafrin, ketujuh panggung yang disiapkan yakni panggung 1 di area Sarinah, panggung 2 di area Bundaran HI, panggung 3 di area Dukuh Atas, panggung 4 di area JPO Sudirman, panggung 5 di area Bendungan Hilir, serta panggung 6  dan 7di area SCBD.

Adapun untuk rekayasa lalin yang disiapkan sebagai berikut;

Penutupan ruas jalan akan diberlakukan di Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Patung Pemuda, dan Jalan MH Thamrin mulai dari Bundaran Air Mancur. Rekayasa lalin penutupan ruas jalan juga akan diberlakukan terhadap 18  akses jalan menuju Jl Sudirman dan Jl MH Thamrin. Ke-18 akses jalan tersebut yakni Jl Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat, Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu), Jl Bendungan Hilir, Jl KH Mas Mansyur dan Jl Karet Pasar Baru Timur.

Kemudian, Kupingan Kolong Sudirman, Jl Kota Bumi, Jl Baturaja, Jl Teluk Betung, Jl Kebon Kacang, Jl Sunda, TL Imam Bonjol, Jl Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jl Setiabudi, Jl Prof Dr Satrio, Jl Masjid (Sampoerna), Jl Garnisun & Kolong Semanggi, Jalur Lambat, Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu), SCBD dan Jl Tulodong Atas 2 Samping CIMB.

Kemudian, akses jalan dari arah timur ke barat dan sebaliknya yang masih dapat dilintasi yakni Jl Budi Kemuliaan, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jl KH Wahid Hasyim dan Jl Galunggung-Penjernihan 1. Lalu, Jl Kebon Sirih dari arah barat, untuk dari arah timur tutup di Simpang Agus Salim.

Selanjutnya rekayasa dari arah selatan ke utara, lalu lintas dialihkan melalui Jl Asia Afrika-Jl Gerbang Pemuda-Jl Gatot Subroto-Jl KS Tubun-Jl KH Mas Mansyur-Jl Cideng-dan seterusnya. Atau dapat melalui Jl HR Rasuna Said-Jl Prof Dr Satrio-Jl KH. Mas Mansyur-dan sebaliknya.

Rencananya, rekayasa dari arah utara ke selatan, lalu lintas dialihkan melalui Jl Medan Merdeka Selatan-Jl M Ridwan Rais-Jl Tugu Tani-Jl Menteng-Jl Cut Mutia-Jl Dr GSSJ Samratulangi-Jl HOS Cokroaminoto-Jl HR Rasuna Said. Atau melalui Jl Gunung Sahari-Jl Kramat Raya-Jl Salemba-Jl Proklamasi-Jl Tambak-Jl Prof Dr Saharjo dan seterusnya.

Sedangkan rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur dan sebaliknya yang masih dapat dilintasi antara lain, Jl Budi KemuIiaan-Jl Merdeka Selatan, Jl Kebon Sirih (BaratTimur), Jl KH Wahid Hasyim dan Jl Galunggung-Jl Penjernihan 1.

Jika terjadi kepadatan lalu lintas, Syafrin menegaskan, opsi penutupan akan diperluas mulai dari Simpang Harmoni menuju utara, Jl Budi Kemulian Arah Timur, Jl Medan Merdeka Selatan Arah Barat, Simpang Milenium Arah Timur, Jl Wahid Hasyim Tanah Abang arah timur dan Jl Wahid Hasyim Sabang arah barat. Penutupan jalan itu berlaku situasional tergantung kepadatan.

"Pengaturan situasional bagi tamu hotel/kantor kedutaan/rumah sakit di sepanjang Jl MH Thamrin dan Jl Sudirman agar dapat menyesuaikan pengaturan yang telah ditetapkan," tambahnya.

Sementara itu, bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan fasilitas parkir di 40 lokasi. Seluruh lokasi itu akan dibuka sampai batas waktu penutupan Jl MH Thamrin dan Jl Jenderal Sudirman.

Meski telah menyiapkan lokasi parkir, Syafrin mengimbau agar masyarakat menuju lokasi menggunakan moda transportasi angkutan umum. Sedangkan pengaturan Bus Transjakarta Koridor 1 mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB akan diterapkan situasional.

Lalu, Transjakarta dari arah selatan hanya melayani sampai Halte Transjakarta Polda, belok kiri ke Jalan Gatot Subroto-Kota. Dari arah Utara, Transjakarta hanya melayani sampai Halte Transjakarta Harmoni belok kanan Jl Suryopranoto-Blok M.

Untuk operasional MRT Jakarta dan LRT Jakarta direncanakan sampai dengan pukul 02.00 dini hari. Demikian halnya dengan KRL Jabodetabek akan dioperasionalkan hingga sekitar pukul 02.00.

“Diimbau kepada pengguna jalan agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," tandas Syafrin.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 23.537 Pemudik Telah Berangkat dari Terminal Kalideres

    access_time09-04-2024 remove_red_eye5362 personFolmer
  2. Jaktim dan Jaksel Berpotensi Diguyur.Hujan

    access_time09-04-2024 remove_red_eye5316 personTP Moan Simanjuntak
  3. Berburu Kulit Ketupat di Pasar Palmerah

    access_time09-04-2024 remove_red_eye5270 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pj Gubernur : Jadikan Momen Lebaran untuk Bersyukur dan Pererat Persaudaraan

    access_time10-04-2024 remove_red_eye4994 personFolmer
  5. 16 Rumah Pompa Underpass Dipastikan Beroperasi Optimal

    access_time09-04-2024 remove_red_eye4883 personFolmer