You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanggul di Pulau Kelapa Difungsikan Jadi Jalan Lingkar
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Tanggul di Pulau Kelapa Difungsikan Jadi Jalan Lingkar

Pembangunan tanggul di sisi utara dan selatan Pulau Kelapa, telah rampung. Tanggul yang membentang mulai dari wilayah RW 01 hingga RW 03 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara itu sekaligus juga dimanfaatkan sebagai jalan lingkar.

Ini bentuk dukungan SDA

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan, pembangunan tanggul dilakukan sejak Mei 2022. Sesuai target, pembangunan rampung pada Desember 2022.

"Panjang tangul total 560,87 meter. Terdiri dari dua segmen yaitu segmen utara sepanjang 313,3 meter dan segmen selatan sepanjang 247,57 meter," ujarnya, Selasa (3/1).

Pengecatan Tanggul di Pulau Untung Jawa Rampung

Dijelaskan Hendri, konstruksi pembangunan menggunakan tipe butiran memanfaatkan buis beton segi delapan yang disusun dengan konstruksi piramida. Bagian atasnya, tanggul dengan lebar antara 2,4-2,7 meter itu dibetonisasi dengan hiasan ukuran natural dan dimanfaatkan menjadi akses jalan warga.

Kemudian, tanggul juga dilengkapi sarana prasarana pendukung pariwisata berupa railling pengaman, anjungan tempat aktivitas warga dan juga lampu penerangan di sepanjang tanggul. Dilanjutkan Hendri, inovasi ini dilakukan untuk mengamankan pantai dan warga dari daya rusak atau gangguan gelombang sekaligus membuka akses pantai untuk masyarakat.

"Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut yang indah. Ini bentuk dukungan SDA mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional," tambahnya.

Lurah Pulau Kelapa, Muslim mengapresiasi dan berterima kasih atas pembangunan tanggul yang dilakukan. Apalagi keberadaan tanggul memiliki manfaat juga sebagai jalan lingkar dan memiliki bentuk seperti jempatan cinta di Pulau Tidung.

“Saya mengimbau semua pihak menjaga kebersihan dan dapat merawat dengan baik jalan lingkar yang sudah dibangun oleh Sudin SDA ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8243 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3319 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3106 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3046 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3034 personAldi Geri Lumban Tobing