You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanggul di Pulau Kelapa Difungsikan Jadi Jalan Lingkar
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Tanggul di Pulau Kelapa Difungsikan Jadi Jalan Lingkar

Pembangunan tanggul di sisi utara dan selatan Pulau Kelapa, telah rampung. Tanggul yang membentang mulai dari wilayah RW 01 hingga RW 03 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara itu sekaligus juga dimanfaatkan sebagai jalan lingkar.

Ini bentuk dukungan SDA

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan, pembangunan tanggul dilakukan sejak Mei 2022. Sesuai target, pembangunan rampung pada Desember 2022.

"Panjang tangul total 560,87 meter. Terdiri dari dua segmen yaitu segmen utara sepanjang 313,3 meter dan segmen selatan sepanjang 247,57 meter," ujarnya, Selasa (3/1).

Pengecatan Tanggul di Pulau Untung Jawa Rampung

Dijelaskan Hendri, konstruksi pembangunan menggunakan tipe butiran memanfaatkan buis beton segi delapan yang disusun dengan konstruksi piramida. Bagian atasnya, tanggul dengan lebar antara 2,4-2,7 meter itu dibetonisasi dengan hiasan ukuran natural dan dimanfaatkan menjadi akses jalan warga.

Kemudian, tanggul juga dilengkapi sarana prasarana pendukung pariwisata berupa railling pengaman, anjungan tempat aktivitas warga dan juga lampu penerangan di sepanjang tanggul. Dilanjutkan Hendri, inovasi ini dilakukan untuk mengamankan pantai dan warga dari daya rusak atau gangguan gelombang sekaligus membuka akses pantai untuk masyarakat.

"Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut yang indah. Ini bentuk dukungan SDA mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional," tambahnya.

Lurah Pulau Kelapa, Muslim mengapresiasi dan berterima kasih atas pembangunan tanggul yang dilakukan. Apalagi keberadaan tanggul memiliki manfaat juga sebagai jalan lingkar dan memiliki bentuk seperti jempatan cinta di Pulau Tidung.

“Saya mengimbau semua pihak menjaga kebersihan dan dapat merawat dengan baik jalan lingkar yang sudah dibangun oleh Sudin SDA ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran Kios dan Rumah di Krendang Berhasil Dipadamkan

    access_time23-05-2024 remove_red_eye1818 personTP Moan Simanjuntak
  2. Kunjungi Festival Kuliner #FoodFestOnTikTok di Lapangan Banteng Akhir Pekan Ini

    access_time24-05-2024 remove_red_eye1034 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari ini

    access_time22-05-2024 remove_red_eye828 personAnita Karyati
  4. Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di Pulau Panggang Diikuti 20 Peserta

    access_time27-05-2024 remove_red_eye785 personAnita Karyati
  5. Jalan Rusak di Perlintasan KA Kramat Sentiong Telah Diperbaiki

    access_time23-05-2024 remove_red_eye763 personBudhi Firmansyah Surapati