You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Marullah Kunjungi Gedung Kesenian Jakarta
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Marullah Kunjungi Gedung Kesenian Jakarta

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, Marullah Matali melakukan kunjungan ke Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) di Jalan Gedung Kesenian, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

Saya lapor ke pimpinan kemarin untuk melakukan kunjungan pendahuluan

Setibanya d GKJ, pukul 09.40 WIB, Marullah yang didampingi Asisten Deputi Bidang Budaya DKI Jakarta, Muhammad Mawardi dan Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud), Iwan Henry Wardhana langsung melihat kondisi terbaru ruangan dan panggung utama gedung. 

Usai melihat-lihat kondisi bangunan, Marullah beserta jajaran juga disuguhkan penampilan perdana dari musisi Dwiki Dharmawan dan Ita Purnamasari. Penampilan ini sekaligus untuk menilai secara teknis suara dari sound system, kekedapan suara hingga lighting panggung GKJ.

Disbud DKI Jakarta Terbitkan Rekomendasi Pemugaran Gedung Filateli Sebagai Ruang Kreatif Anak Muda

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Marullah Matali mengaku bangga dengan direvitalisasinya GKJ yang menjadi salah satu gedung kesenian bersejarah di DKI Jakarta. 

"Saya lapor ke pimpinan kemarin untuk melakukan kunjungan pendahuluan. Hasil dari sini kita akan sampaikan ke pimpinan," katanya, Jumat (20/1). 

Marullah juga mengapresiasi para musisi yang telah melakukan pengecekan langsung sound system sekaligus memberikan saran kepada Pemprov DKI Jakarta terkait apa saja yang harus dibenahi kembali.  

"Itu tidak hanya masukan, tapi testimoni yang positif dan membangun. Gedung ini sangat representatif sekali," imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Dwiki Dharmawan merasa kagum DKI Jakarta memiliki gedung yang sangat bagus sekaligus nilai sejarah. 

"Gedung ini terbaik untuk pertunjukan akustik serta konser jazz. Di sini butuh tangan-tangan profesional untuk membantu pengembangan teknisnya supaya pengaturan suaranya pas," ucapnya.

Kepala Disbud DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana menambahkan, revitalisasi GKJ telah dilakukan sejak Agustus hingga Desember 2022 lalu. Saat ini kondisi gedung masih dalam masa retensi dari pihak ketiga sebelum diserahterimakan ke Pemprov DKI Jakarta.

"Revitalisasi ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 12 miliar dari APBD DKI Jakarta. Revitalisasi meliputi perbaikan atap, kualitas ruangan pendingin, kualitas suara dan lainnya," terangnya.

Iwan menambahkan, karena masuk kategori cagar budaya, gedung yang dahulunya dikenal dengan nama Theater Schouwburg (1821) ini direvitalisasi dengan prinsip kehati-hatian.

Di mana pihaknya harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari Tim Ahli Cagar Budaya terkait pemugaran, saran-saran hingga rekomendasi teknisnya. 

"Ada batasan yang boleh dilakukan dan tidak. Sehingga kita harus dipastikan tidak ada pelanggaran atau kesalahan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2009 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1120 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1026 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye921 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati