You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Ajak Warga Tunaikan ZIS di Momen Ramadan
....
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Ajak Warga Tunaikan ZIS Lewat Baznas Bazis

Provinsi DKI Jakarta bertekad dan berkomitmen mewujudkan pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang amanah, profesional, berdaya guna, serta dapat membantu meringankan taraf hidup para mustahik. Maka itu, Pemprov DKI Jakarta menyerukan masyarakat Jakarta yang berkecukupan atau berusaha di Jakarta untuk menunaikan ZIS serta amal sosial.

Dan saya harap Baznas Bazis dapat menjadi contoh

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, momentum Ramadan 1444 Hijriah, Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta mempersiapkan sarana berkumpulnya para muzaki (pembayar zakat) dan penunaian zakat secara mudah melalui Pengelola Zakat yaitu Baznas Bazis dan mustahik (penerima zakat) sebagai wujud kepekaan dan kepedulian sosial terhadap nasib sesama.

Widyastuti menyampaikan, hikmah lain dari momen seperti ini adalah untuk menciptakan rasa kasih sayang dan tolong menolong antara muzakki dan mustahik.

Warga Pulau Lancang Apresiasi Bantuan Baznas Bazis

“Sehingga kita berkomitmen secara kolektif untuk menjadikan dana ZIS serta amal sosial sebagai solusi dalam upaya peningkatan kualitas umat baik sektor pendidikan, kesehatan, kesejahteraan maupun perekonomian,” ujar Widyastuti, saat acara Penunaian Zakat di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta, serta BUMD dan Perusahaan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (30/3).

Widyastuti berharap, zakat dapat menjadi solusi pengentasan kemiskinan di DKI Jakarta karena pengentasan kemiskinan melalui APBD itu sudah biasa. Namun, jika dana zakat yang digunakan untuk pengentasan kemiskinan itu hal yang luar biasa.

“Dan saya harap Baznas Bazis dapat menjadi contoh,” ucap Widyastuti.

Widyastuti menyampaikan, potensi ZIS di Jakarta sangat besar dan apabila tergali secara optimal akan menjadi sumber dana potensial dan bahkan sumber daya yang luar biasa yang sangat berguna untuk mengatasi kompleksitas permasalahan sosial ekonomi masyarakat.

“Untuk itu seyogyanya dana ZIS yang terkumpul tidak didistribusikan secara konsumtif seluruhnya, namun diupayakan juga pendayagunaan ZIS secara produktif sehingga dapat menimbulkan dampak sosial ekonomi yang positif,” kata Widyastuti.

Widyastuti menilai, dana ZIS harus dikembangkan ke arah rancangan jaminan peningkatan kesejahteraan sosial dengan memprioritaskan program peningkatan kualitas SDM, pembukaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi duafa. Selanjutnya, dana ZIS yang dikumpulkan dari masyarakat kepada Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta akan didayagunakan seluruhnya kepada mustahik di DKI Jakarta pula melalui prosedur dan mekanisme yang benar.

“Sehingga tidak terjadi penumpukkan penerimaan dana ZIS pada satu orang mustahik atau ketidakmerataan penyaluran dana ZIS,” ucap Widyastuti.

Pada kesempatan itu, Widyastuti menyampaikan apresiasi kepada pengusaha dan pejabat yang telah merespons Seruan Gubernur Nomor 02 Tahun 2023 dan Instruksi Sekretaris Daerah Nomor e-0010 Tahun 2023. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil pengumpulan ZIS pada Baznas Bazis DKI Jakarta yang dari tahun ke tahun mengalami tren kenaikan. Pada tahun 2021 terkumpul sebesar Rp 187 miliar dan pada tahun 2022 terkumpul sebesar Rp 216 miliar.

Pemprov DKI Jakarta juga mengapresiasi para Petugas Operasional ZIS di semua unit baik di PTSP Kelurahan, Kecamatan, Wali Kota dan SKPD serta Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Bazis di sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, rumah sakit serta ritel-ritel di Jakarta yang telah membantu dalam menjadi unit pengumpul zakat dan ikut memberikan kemudahan bagi Muzakki dan masyarakat dalam menunaikan ZIS-nya.

Widyastuti juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pengelola BUMD yang senantiasa selalu menunaikan zakatnya melalui Baznas Bazis.

“Karena ZIS dan amal sosial yang baru saja Saudara tunaikan merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap nasib sesama dan merupakan manifestasi serta wujud kepedulian BUMD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandas Widyastuti.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1074 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye994 personFolmer
  3. Dinas Kominfotik - KPU DKI Kerja Sama Publikasi Tahapan Pilkada

    access_time24-06-2024 remove_red_eye956 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Putra Putri Pelajar Indonesia Dikenalkan Urban Farming Jakarta

    access_time25-06-2024 remove_red_eye891 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye882 personAnita Karyati