You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Saluran Air Permukiman di Duren Sawit Capai 80 Persen
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pembangunan Saluran Air di Duren Sawit Kelar Pekan Depan

Pembangunan saluran air di permukiman warga RW 01 dan RW 13 Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, ditarget rampung pekan depan. Saat ini, progres pekerjaan sudah mencapai 80 persen.

Strategi dalam menata lingkungan di RW kumuh

Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jakarta Timur, Utami Widianingsih mengatakan, pembangunan saluran air di dua lokasi tersebut merupakan tindak lanjut usulan warga melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2022 lalu.

Menurut Utami, kawasan padat penduduk yang lokasinya berada di daerah cekungan ini kerap tergenang karena tidak memiliki saluran air. Diharapkan, pembuatan saluran air ini bisa meminimalisir genangan hingga mampu mengentaskan predikat RW kumuh di kawasan tersebut.

Turap Saluran di Jalan Cilincing Baru 3 Diperbaiki

Dikatakan Utami,  pihaknya menindaklanjuti melalui program Community Action Plan (CAP) dan Collaborative Implementation Program (CIP). Yakni, program sinergisitas antara warga dan jajaran Pemerintah Provinsi DKI dalam menata lingkungan.

"Pembangunan saluran air ini juga strategi dalam menata lingkungan di RW kumuh," katanya, Selasa (11/4).

Dijelaskan Utami, total panjang saluran air yang dibangun di dua RW ini mencapai 3.518 meter dengan anggaran mencapai Rp 5 milliar. Seluruh bagian salurannya dibangun menggunakan beton U-ditch dan box culvert dengan ukuran bervariasi, sesuai kondisi di lapangan.

Selain melakukan pembangunan saluran air baru, lanjut Utami, pihaknya juga membuat jalan dengan beton cor serta aspal, serta sumur resapan. Hingga kini sudah ada empat lokasi pembuatan sumur resapan yang dibangun dengan kedalaman 20 meter.

Diakuinya, akses jalan yang sempit menyebabkan kendala teknis pengerjaan di lapangan. Ia pun berharap warga yang aktivitasnya terganggu tetap bersabar dan mendukung pembangunan agar terealisasi sesuai tenggat.

"Saat ini progres pembangunan saluran air sudah mencapai 80 persen dan targetnya rampung pekan depan. Saat ini tinggal finishing-nya saja," ujar Utami.

Ketua RW 13, Kelurahan Duren Sawit, Sugandhi menjelaskan,  warga sangat berterimakasih dan mengapresiasi pembangunan saluran air dan pembenahan lingkungan yang dilaksanakan jajaran Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Timur.  

"Semua warga merasa senang dengan adanya pembangunan saluran ini. Apalagi sejak sumur resapan jadi, genangan segera surut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1114 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye901 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye826 personAldi Geri Lumban Tobing