You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jaktim Gelar Kick Off Lomba Kampung Bersih
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pemkot Jaktim Kick Off Lomba Kampung Bersih

Lomba Kampung Bersih di Jakarta Timur resmi dimulai, Rabu (3/5). Kick off kegiatan ini diawali dengan talkshow edukasi kampung bersih di Ruang Serba Guna Blok C Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Diharapkan bisa mendorong masyarakat mengaktifkan bank sampah

Menurut Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, kegiatan ini untuk memberdayakan masyarakat menciptakan lingkungan lebih baik melalui upaya yang sistematis dan terukur dalam rangka mengurangi volume sampah.  

Pemprov DKI Tinjau Dua Lokasi Pembangunan RDF Plant

Dikatakan Anwar, volume sampah yang dihasilkan di Jakarta Timur sekitar 1.500 ton dari total jumlah volume sampah di DKI Jakarta yang rata-rata berkisar 7.500 ton setiap hari.

"Peningkatan kualitas lingkungan akan berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat. Bila lingkungan sudah bersih dan sehat, persoalan stunting yang belakangan ini mencuat bakal teratasi," tegas Anwar.

Agar dapat mewujudkan lingkungan yang bersih, Anwar menekankan pentingnya penanganan sampah rumah tangga dengan melakukan pemilahan.

"Kegiatan lomba diharapkan bisa mendorong masyarakat mengaktifkan bank sampah," tuturnya.  

Anwar berharap, edukasi yang dilakukan secara massif bisa membangun pemahaman sehingga mengubah perilaku masyarakat untuk menjaga kebersihan serta terbiasa dengan pola hidup sehat.

"Ketika sudah terbiasa akan jadi budaya, sehingga kuat. Saya juga sampaikan Sudin dan Dinas LH juga harus menyiapkan mobil sampah pilah," tukasnya.

Ketua Panita Pelaksana Lomba Kampung Bersih, Dodi Hasanudin menjelaskan, kegiatan lomba digelar dalam rangka HUT Warta Kota dan menyambut hari jadi Kota Jakarta ke-496. Kegiatan lomba diikuti perwakilan RW terbaik dari 10 kecamatan yang ada di Jakarta Timur.

Proses penilaian akan melibatkan delapan juri yang berlangsung hingga 28 Mei mendatang. Penilaian lomba dibagi menjadi dua segmen dengan indikator di antaranya meliputi aspek kebersihan lingkungan, keaktifan bank sampah, kerja bakti warga, pengelolaan tanaman pangan dan obat, serta konsistensi kader Jumantik melakukan PSN.

"Puncak acaranya pengumuman yang terbaik berikut rangkaian acaranya akan kita gelar di kantor wali kota pada 3 Juni mendatang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2072 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1185 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1054 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye775 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye767 personAldi Geri Lumban Tobing