You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pengangkatan Sampah Kiriman di Pesisir Pulau Untung Jawa
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

21,1 Ton Kubik Sampah Kiriman Berhasil Diangkat dari Pesisir Pulau Untung Jawa

Petugas Kebersihan Pesisir Pantai Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu, berhasil mengangkat 21,1 ton kubik sampah kiriman yang tercecer di pesisir Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Petugas membersihkan dari pagi hingg a malam hari

Kepala Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, pihaknya menerjunkan 25 petugas untuk mengangkut dan membersihkan sampah kiriman yang terapung di sepanjang pesisir pantai Pujasera dan Taman Arsa Pulau Untung Jawa.

"Sampah kiriman ini sudah terlihat sejak Sabtu (7/5) pagi kemarin, petugas langsung membersihkan dari pagi hingga malam hari. Totalnya sebanyak 21,1 ton sampah berhasil diangkat," kata Budiroso, Minggu (7/5).

Dinas LH DKI Tangani Sampah di KBT Marunda Kepu

Ia menjelaskan, sampah tersebut bukan sampah warga atau wisatawan melainkan sampah kiriman yang hanyut di tengah laut terbawa angin yang mengarah ke pesisir Pulau Untung Jawa. Sampah kiriman yang telah diangkat berupa batang pohon, bambu,  plastik kemasan hingga styrofoam.

"Untuk mengangkut sampah itu kami mengerahkan satu armada Kapal Samtama (Sampah Tanggung Jawab Bersama) dan tiga unit germor untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Dalam pembersihan ini kami juga dibantu 20  petugas PPSU ," ungkapnya.

Budiroso menambahkan, hingga hari ini petugasnya terus melakukan pengecekan dan pembersihan di pesisir pantai. Diharapkan tidak ada sampah kiriman kembali. ia juga mengimbau warga untuk berhenti membuang sampah ke laut atau sungai.

"Setiap hari petugas kami selalu membersihkan sampah di pesisir pantai bahkan di tengah laut. Biasanya sampah tersebut kita tampung dulu di TPS untuk dipilah bahkan dikeringkan, Kita berusaha sebisa mungkin sampah yang dibawa ke darat seminimal mungkin," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye873 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati