You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jakut Antisipasi Munculnya Terminal Bayangan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Jakut Antisipasi Munculnya Terminal Bayangan

Tingginya permintaan angkutan mudik jelang Lebaran, dimanfaatkan sejumlah oknum untuk menyelenggarakan pengnagkutan penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di luar terminal resmi yang telah ditetapkan. Alhasil, kondisi tersebut memicu terjadinya kemacetan arus lalu lintas.

Kita akan sisir mana yang dijadikan terminal bayangan ini jelang H-10 lebaran nanti

Beberapa lokasi di Jakarta Utara pun berpoptensi dijadikan terminal bayangan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Lokasi-lokasi itu diantaranya yakni, eks Bioskop King Pademangan, Jembatan Koljem (Cilincing), Jalan Tongkol dan Jalan Tanah Pasir, (Penjaringan). Selain tarif yang ditetapkan tidak terpantau, kelaikan bus mapun pengemudi juga tidak diperiksa layaknya di terminal resmi. Kondisi ini tentunya bisa membahayakan calon pemudik.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Sudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Utara, Hengki Sitorus membenarkan sejumlah lokasi di Jakarta Utara berpotensi dijadikan terminal bayangan. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pengawasan dan penindakan bila masih ditemukan ada bus yang beroperasi di sejumlah titik yang dijadikan terminal bayangan.

Terminal Bayangan Bermunculan di Jakbar

"Terminal bayangan itu termasuk pelanggaran UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kita akan sisir mana yang dijadikan terminal bayangan ini jelang H-10 lebaran nanti," tegasnya, Senin (6/7).

Menurutnya, karena bus tidak melalui jalur resmi dan membayar restribusi, penumpang yang naik di terminal bayangan juga tak bisa dijamin mebayar tarif sesuai ketentuan pemerintah. Selain itu, jaminan keselamatan penumpang pun tidak dapat dipertanggungjawabkan karena kendaraan tidak diuji kelaikan operasi.

"Kelayakan bus dan kondisi awaknya pun kita tidak tahu karena tidak melalui tes," katanya.

Ditambahkan Hengki, pihaknya mengimbau kepada warga yang hendak melakukan perjalanan mudik menggunakan angkutan umum seperti bus, hendaknya berangkat melalui terminal resmi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1144 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1019 personAldi Geri Lumban Tobing