You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jatim Mulai Lakukan Penataan Lahan eks JT 21
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Lahan Bekas Loksem di Pulomas Selatan Bakal Ditata Jadi RTH

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mulai melakukan penataan lahan bekas lokasi sementara (Loksem) JT 21 di Jl Pulomas Selatan, Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung. Penataan akan mengembalikan fungsi lahan menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

Setelah kita evaluasi, keberadaannya sudah tidak tepat lagi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan, penataan dilakukan setelah status Loksem JT 21 yang telah beroperasi sejak 30 tahun lalu itu tidak diperpanjang tahun ini.

Menurut Kusmanto, keberadaan loksem yang sebelumnya ditempati 54 pedagang ini sebagian besar kiosnya sudah dipindahtangankan.      

Penataan Trotoar Jl Ahmad Yani Kayu Putih Libatkan Pelaku UKM

"Setelah kita evaluasi, keberadaannya sudah tidak tepat lagi. Sebagian besar sudah dipindahtangankan, padahal itu tidak boleh," katanya, Rabu (17/5).

Meski demikian, lanjut Kusmanto, pihak tetap menyediakan fasilitas relokasi pedagang ke PD Pasar Jaya Rawamangun, PD Pasar Jaya Pulogadung dan Makasar, serta Lokbin Pasar Embrio Kecamatan Makasar. Bagi pedagang yang akan relokasi juga disiapkan fasilitas pendukung memindahkan barangnya.

"Rencana penataan ini telah disosialisasikan sejak beberapa bulan lalu. Setelah ini kita akan segera lanjut penataan RTH dan perbaikan saluran. Desainnya nanti dibuat taman dan dipagari," ujarnya.

Camat Pulogadung, Syafrudin Chandra mengatakan, pembongkaran bangunan di lahan eks Loksem JT 21 melibatkan 559 personel gabungan Kepolisian, TNI, Satpol PP, Satgas SDA, Bina Marga, PLN, Perumda Pasar Jaya,  Lingkungan Hidup, Taman dan Hutan Kota, PPKUKM serta PPSU.

Untuk mempercepat proses pembongkaran, jelas Syafrudin, pihaknya mengerahkan pula dua alat berat terdiri dari satu unit bachoe dan shovel.

"Seluruh pedagang sepakat direlokasi dan mereka sebagian sudah membongkar sendiri bangunannya. Target kita pembongkaran kios rampung hari ini," tegasnya.

Sedangkan tokoh pemuda Kelurahan Kayu Putih, Husin, mengapresiasi penataan yang dilakukan karena akan lebih memperindah kawasan.

"Keberadaan loksem belakangan ini jadi kendala tersendiri bagi lingkungan. Karena memang kebanyakan di antara mereka warga dari luar sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1816 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1816 personNurito
  3. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1814 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1784 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1736 personAnita Karyati