You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 350 Kilogram Udang Vaname Dipanen di KJA Sea Farming
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

350 Kilogram Udang Vaname Dipanen di Pulau Panggang

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu berhasil memanen 350 kilogram udang jenis vaname atau udang putih di Keramba Jaring Apung (KJA) Sea Farming Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Totalnya udang yang dipanen berjumlah 350 kilogram

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, KJA Sea Farming di Pulau Panggang berada di lahan seluas 148,6 meter persegi dan telah dibangun 11 kolam. Setiap kolam berukuran  3x3x1,5 meter persegi dengan hasil panen 20-30 kilogram.

"Totalnya udang yang dipanen berjumlah 350 kilogram. Udang-udang ini telah kita rawat selama lima bulan lalu," ujarnya, Senin (22/5).

Pembudi Daya Ikan Pulau Panggang Apresiasi Bantuan Alat Pembuat Pakan

Devi menjelaskan, sebelumnya udang-udang ini ditampung di Balai Pembenihan Udang selama sekitar tiga pekan. Tujuannya untuk mengurangi tingkat mortalitas udang di jaring apung. Setelah itu, udang tersebut ditebar di Sea Farming Kepulauan Seribu.

Udang vaname ini diberikan pakan berupa pelet dan alga agar di bagian kepalnya tidak terdapat banyak kotoran, sehingga panen yang dihasilkan berkualitas premium.

"Semoga keberhasilan panen di KJA Sea Farming ini bisa menjadi percontohan buat para pembudidaya di Kepulauan Seribu," terangnya.

Perwakilan Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta, Nian Oktaviani menambahkan, KJA Sea Farming merupakan bagian program pengelolaan perairan laut dangkal berbasis masyarakat untuk budi daya perikanan.

Program ini merupakan kerja sama antara Dinas KPKP DKI Jakarta dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University.

"Kerja sama ini sudah berjalan sejak 2005 hingga sekarang. Saat ini Sea Farming berfungsi sebagai ruang pendidikan dan penelitian," tuturnya.

Nian mengharapkan, kerja sama dengan PKSPL IPB ini terus berkelanjutan, sehingga budi daya udang vaname dan lobster bisa terus berkembang. Hal ini juga sebagai bukti nyata kontribusi IPB kepada masyarakat, daerah dan negara di bidang kemaritiman.

"Berharap keramba ini bisa diperluas dan bisa dimanfaatkan para pembudidaya di Kepulauan Seribu," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3452 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3172 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2821 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2782 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2770 personAnita Karyati