You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
UKT 1 Kepulauan Seribu Telah Distribusikan 242 Buku Ikra
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

UKT 1 Kepulauan Seribu Telah Distribusikan 242 Buku IKRA

Perpustakaan dan Kearsipan Unit Kerja Teknis (UKT) 1 Kepulauan Seribu sedikitnya telah mendistribusikan 242 buku untuk program literasi Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan II Tahun 2023 di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.

Satu anak menerima dua buku

Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan UKT 1 Kabupaten Kepulauan Seribu, Windarwati mengatakan, kegiatan IKRA Triwulan II berlangsung selama tujuh hari mulai dari 22-28 Mei 2023.

"IKRA Triwulan II kita adakan di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Yang mendaftar 121 anak. Setiap anak menerima dua buku yang kita pinjamkan. Mereka bebas memilih judul yang mereka inginkan," katanya, Rabu (24/5).

IKRA Triwulan I Kepulauan Seribu Diikuti 90 Peserta

Winda menyampaikan, kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Tujuannya untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam mendukung Kota Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca.

"Kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan menulis serta menumbuhkan rasa gemar membaca dan membangun kultur literasi sejak dini," ujarnya

Ia menjelaskan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti IKRA ini. Antara lain para peserta harus membaca buku sesuai tema, lalu menceritakan kepada anggota keluarga.

Kemudian membuat ringkasan dan mengunggah foto atau video aktivitas ke media sosial dan men-tag dan follow akun resmi Dinas Pusip DKI Jakarta dan Perpusip Kepulauan Seribu.

"Bagi peserta yang telah menuntaskan persyaratan akan diberikan apresiasi dalam bentuk e-sertifikat dan cinderamata," ungkap Winda.

Ketua TP PKK Kelurahan Harapan, Sri Hartini menyambut baik dan mengapresiasi program literasi IKRA di wilayahnya. Program tersebut dinilai dapat mengurangi anak untuk bermain, sehingga fokus membaca.

"Kegiatan ini menciptakan budaya membaca. Membaca buku harus tetap dilakukan agar anak-anak tidak selalu bermain gadget," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati