You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Heru Ikut Gerakan Jumat Menanam Bersama Anak Difabel
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Heru Ikut Gerakan Jumat Menanam Bersama Anak Penyandang Disabilitas

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggandeng berbagai pihak untuk menambah kawasan hijau di seluruh wilayah dalam upaya adaptasi perubahan iklim. Salah satunya dengan menggandeng Wisma Salesian Don Bosco.

Hasil karya mereka cukup bagus

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi para peserta penanaman pohon yang mayoritas merupakan anak-anak penyandang disabilitas. Dia menilai, semangat para penyandang disabilitas patut dicontoh.

"Hasil karya mereka cukup bagus dan juga mereka berkebun sekaligus sebagian dari terapi juga. Membangkitkan semangat mereka dan menghijaukan Jakarta. Sekaligus mereka belajar menanam dan bertani,” ujar Heru, saat menghadiri Gerakan Jumat Menanam untuk Ketahanan Pangan di lahan Wisma Salesian Don Bosco di Sunter, Jakarta Utara, Jumat (16/6).

800 Benih Tanaman Ditanam di Lahan Balai Benih Ikan Ciracas

Heru yang saat itu didampingi Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan Kepala Dinas Ketahanan, Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati ikut menanam pohon Jeruk Lemon (Citrus limon). Dibarengi dengan penanaman pohon cabai oleh para anak-anak penyandang disabilitas.

“Jadi anak-anak juga belajar proses komposting zero waste di lingkungan sini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menjelaskan, penanaman pohon dilakukan di lahan milik Wisma Salesian Don Bosco seluas 500 meter persegi. Sebanyak 81 anak-anak berkebutuhan khusus mengikuti kegiatan tersebut.

Eli menyampaikan, peran Pemprov DKI Jakarta salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan melakukan penanaman pohon.

"Konsepnya dari kebun ini sendiri hasilnya akan dijual. Kita menanam aneka buah-buahan dan sayuran, dukungan Pemprov DKI berupa rak hidroponik dan sarana prasarana lainnya," kata Eli.

Dia menambahkan, sebanyak 200 pohon yang diserahkan pihaknya berupa pohon jeruk, terung, cabai dan sayuran lainnya.

“Anak-anak tadi perlu diterapi dengan memegang biji-bijian, di samping terapi, para orang tua diberikan kegiatan dengan membuat kerajinan tangan,” tandas Eli.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1133 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1054 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye859 personNurito
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye843 personTiyo Surya Sakti