You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PMI Kota Palembang Pelajari Layanan Kepalang Merahan di Jakarta Utara
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

PMI Kota Palembang Pelajari Layanan Kepalangmerahan di Jakarta Utara

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (21.6), melakukan kunjungan ke Markas PMI Kota Jakarta Utara. Kunjungan dalam rangka mempelajari kegiatan bidang pelayanan kepalangmerahan.

Mengembangkan layanan agar bisa mendapat trust dan dukungan publik

Sekretaris PMI Kota Palembang, Handayani mengatakan, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka mempelajari kemajuan yang telah dicapai PMI Kota Jakarta Utara.

"Kami datang ke sini ingin belajar bagaimana mengembangkan layanan agar bisa mendapat trust dan dukungan publik," katanya.  

PMI Jaktim Beri Bantuan Warga Penyintas Kebakaran Makasar

Dijelaskan Handayani, selama ini dukungan operasional PMI Kota Palembang hanya berasal dari APBD saja. Kemudian, beberapa kegiatan juga mendapat dukungan dari CSR sejumlah perusahaan BUMN dan BUMD setempat.

Diakuinya, tingkat kesadaran donor darah masyarakat di wilayahnya juga belum seperti di Jakarta Utara. Dalam setiap bulan pengumpulan donor darah di wilayahnya hanya berkisar 500 kantong saja.

"Kami melihat dari intenet perkembangan di Jakarta Utara demikian pesat. Karena itu, kami ingin belajar agar bisa diterapkan di sana," tegasnya.

Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal menjelaskan, sejak terpilih awal 2022 lalu bersama jajaran pengurusnya segara melakukan sejumlah pembenahan. Mulai dari peningkatan fisik bangunan, sarana transportasi layanan dan memperkuat relasi dengan pemerintahan, stakeholder serta elemen masyarakat.

Kemudian, pihaknya mengintensifkan berbagai layanan publik seperti layanan darurat 24 jam, merangkul berbagai organisasi untuk menggalang kegiatan donor darah dan membangun relasi strategis dengan pemerintah kota.

Selain itu, pihaknya juga mengimplementasikan berbagai program kepalang merahan di sekolah seperti mengelar simulasi bencana melalui PMI Goes to School dan membuka eduwisata bagi sekolah di Markas PMI.

Kemudian, berperan aktif dan menerapkan manajemen pengelolaan terbuka dalam setiap kebencanaan seperti gempa bumi di Sukabumi dan kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Hasilnya, terbangun kepercayaan dan dukungan publik kepada PMI Jakarta Utara.

"Aksi sosial penanganan bencana itu menjadi acuan masyarakat dan perusahaan melihat eksistensi PMI," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1022 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing